25 radar bogor

Caringin-Cigombong jadi KEK Pariwisata, MNC Grup Diberikan Insentif Pajak

Kawasan pariwisata Lido Bogor
Kawasan pariwisata Lido Bogor
Kawasan Lido Bogor

CARINGIN-RADAR BOGOR, Bupati Bogor, Ade Yasin tak main-main dengan rencana menjadikan Caringin dan Cigombong sebagai Kawasan KEK pariwisata. Usulan ini sudah disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Teranyar, politisi PPP ini juga bakal memberikan insentif perizinan untuk MNC Group yang tengah membangun dua kawasan destinasi pariwisata megah di Lido. Musababnya, keberadaan Lido akan menyerap 25 ribu tenaga kerja .

“KEK Lido yang rencana akan memiliki luas lahan 1.039 hektare akan menyerap 25 ribu tenaga kerja,” ujar Ade kepada wartawan.

Ade menerangkan nantinya akan ada sembilan objek wisata,  delapan objek ekonomi kreatif dan empat feature development yang membatasi perkembangan perumahan di area lahan pangan pertanian berkelanjutan (LP2B).

“Walaupun area di Caringin-Cigombong akan menjadi KEK Lido, kami tak ingin ada alih fungsi LP2B, terutama pembangunan perumahan sedangkan hotel dan restoran masih memungkinkan karena ada manfaatnya,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Ridwan Kamil mengamini rencana tersebut. Ia mengakui MNC Grup atau KEK Lido sudah bertemu dengan dirinya.

Kepada KEK Lido maupun Pemkab Bogor, Emil meminta pertumbuhan ekonomi yang ada di sana jangan hanya berfokus di sektor wisata.

“Sesuai aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, KEK Wisata itu pertumbuhan ekonominya jangan hanya berfokus di sektor wisata saja, tetapi juga ada sektor lainnya. Kalau hanya 100 persen sektor wisata saja yang dikembangkan maka tidak akan diberikan izinnya hingga usulan tersebut harus diperbaiki,” tukasnya

Sebelumnya, setelah sempat heboh rencana pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Indonesia-China di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, teranyar Bupati Bogor, Ade Yasin mengusulkan ke Presiden Jokow Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Caringin dan Cigombong sebagai Kawasan KEK pariwisata.

Jika menjadi KEK Pariwisata, maka akan memaksa aparatur pemerintahan di wilayah untuk menjaga kondisi kekayaan alamnya. Termasuk masyarakat yang akan mendapat keuntungan jangka panjang di sana.

Jangan sampai Caringin ini menjadi area tambang batu, tanah maupun air. Makanya saya usulkan jadi KEK ke Pak Presiden Jokowi,” kata Ade. (ded)