25 radar bogor

Bima Arya Ajak Seniman Kota Bogor Isi Ruangan Kecamatan dan Kelurahan

BOGOR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengajak Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) berkolaborasi agar hasil karya para seniman Kota Bogor bisa memenuhi setiap ruangan kantor kecamatan dan kelurahan.

Ajakan ini disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya saat membuka acara Pameran Bersama Perupa Bogor yang bertajuk Ruang Rupa 2019 di Gedung BKPP (Eks Karesidenan), Jalan Ir.H. Juanda No.4, Kota Bogor, Sabtu (24/08/2019).

“Dibanding memajang lukisan karya seniman luar Kota Bogor, lebih baik memajang karya seniman Kota Bogor. Pak Shahlan (Kepala Disparbud) nanti cek dimana hasil karya para seniman bisa masuk, kolaborasi dan koordinasi juga dengan PHRI Kota Bogor,” kata Bima.

Pada kesempatan tersebut, Bima melontarkan harapannya agar kepemilikan gedung BKPP jelas agar lebih maslahat dan memberi manfaat. Bima juga menginginkan agar Gedung BKPP menjadi rumah bagi para seniman Kota Bogor.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi menyampaikan tujuan dilaksanakannya pameran bersama ini sebagai bentuk dukungan Pemkot Bogor untuk mendorong para pelaku seni dalam mempertahankan dan mengembangkan keragaman seni budaya. Salah satunya dengan cara memberikan ruang untuk menyalurkan dan mengapresiasikan hasil seni para perupa.

“Semoga menjadi dorongan positif bagi seni rupa Kota Bogor dan menjadi warna inovasi, kreativitas dalam menghasilkan karya lebih berkualitas dan bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata melalui kegiatan seni rupa sehingga menghasilkan nilai ekonomis,” ujarnya.

Ketua D3KB, Usmar Hariman menuturkan, kegiatan ini adalah pameran pertama yang digagas DK3B, semoga apa yang dilakukan hari ini didasari niat ikhlas.

Pameran bersama ini sebelumnya digelar di Kemuning Gading dan dilanjutkan di Gedung BKPP. Awalnya, hanya 27 perupa yang ikut berpartisipasi, namun setelah disosialisasikan ada 67 perupa seni Kota Bogor.

“Ini menjadi bukti kolaborasi seni rupa di Kota Bogor dalam menunjukkan jati diri mereka,” kata Usmar.

Pameran Bersama Perupa Bogor, Ruang Rupa 2019 dilaksanakan bertepatan dengan peluncuran buku Membaca Peta Seni Rupa Bogor yang disusun Yana W Sucipto, Rifki Setiadi dan Gihon Nugrahadi.

Rencananya kata Usmar, awal September 2019 akan digelar Bogor Art Festival (BAF) yang akan menampilkan ragam kebudayaan dan kesenian.

Ketua Panitia Pameran Bersama, Ali Sutrisno menyatakan, dengan fasilitas dan sarana yang ada para seniman diharapkan bisa lebih kreatif, produktif dan lebih aktual lagi, sehingga karya seni para seniman Kota Bogor mampu menjadi tujuan wisata seperti daerah yang maju seni rupanya.

Pameran Bersama Perupa Bogor, Ruang Rupa 2019 dimulai 24 Agustus- 4 september 2019. Selain memamerkan lebih dari 100 lukisan karya 67 perupa Bogor, juga akan ada Lomba Dalang pada Minggu (25/08) besok dengan jumlah peserta lebih dari 12 peserta yang terdiri dari dalang cilik dan dewasa. Selanjutnya, pada Rabu (28/08) akan digelar Lomba Kaulinan Urang Lembur. (Humpro:rabas/adt-SZ)