25 radar bogor

Mahasiswa IPB University Lakukan Ekspedisi ke Pulau Sabira

BOGOR-RADAR BOGOR,Puluhan mahasiswa IPB University yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) lakukan Ekspedisi Himiteka VI ke Pulau Sabira, Kepulauan Seribu Bagian Utara (6-10/8).

Kegiatan yang berlangsung setiap tahun ini bertujuan untuk mengambil data hidrobiologi karang dan ekosistem mangrove, pengambilan data akustik instrumentasi kelautan untuk mengambil data batrimetry di Pulau Sabira dan marking serta tracking titik sampel data serta garis pantai Pulau Sabira.

Ketua Himiteka, Yazid Busthami mengatakan bahwa kegiatan tahun ini juga bertujuan untuk menerapkan ilmu dari empat laboratorium yang ada di Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) serta mengeksplorasi biodiversitas ekosistem laut di Pulau Sabira.

Sementara itu, Ketua Panitia Ekspedisi VI, Satria Utama mengatakan ekspedisi kali ini mengangkat tema ‘’Ekplorasi Biodiversitas Ekosisten Laut di Kepulauan Seribu Bagian Utara’’ dan melibatkan 39 mahasiswa dan 2 asisten dari Laboratorium Oseanografi.

“Di hari terakhir kami juga lakukan kegiatan Marine Go To School (MGTS) di SD dan SMP Pulau Sabira pada pagi hari. Selain itu, kami bersama dengan Balai Karang Taruna juga melepas tukik sebanyak 100 ekor di Pulau Sabira,” ujarnya.(**/Zul)