Beranda Bogor Raya

Ribuan Warga Cisarua Arak Bendera Raksasa Sepanjang 400 Meter

Bendera raksasa sepanjang 400 meter saat diarak warga Cisarua, Sabtu (19/8/2019).

CISARUA-RADAR BOGOR, Bendera merah putih sepanjang 400 meter dibentangkan ribuan masyarakat Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor sebagai wujud kebhinekaan pada puncak perayaan HUT ke-74 RI, yang jatuh pada, Sabtu (17/8/2019).

Sebanyak 1.500 peserta yang terdiri dari pemuda Kopo, organisasi masyarakat (Ormas) dan seluruh unsur pemerintah turut mengarak bendera raksasa tersebut.

PJS Kepala Desa Kopo, Dedi mengatakan, masyarakat memaknai HUT RI kali ini dengan tema Kebhinekaan dengan menjunjung nilai persatuan dan kesatuan.

“Kita ketahui bersama, bahwa di Desa Kopo sendiri terdiri dari ragam suku, ras dan agama. Sehingga, kita memaknai HUT dengan tema kebhinekaan,” ujarnya.

Selain menyemarakan kemerdekaan, Dedi menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersatukan masyarakat khususnya yang ada di Desa Kopo

. “Intinya kita ingin membangun desa kita melalui persatuan yang kita miliki. Ini juga untuk pemuda Kopo agar bisa lebih erat rasa kebersamaannya,” ucapnya.

Lanjut Dedi, adapun persiapan untuk membentangkan bendera raksasa dengan ukuran panjang 400 meter dengan lebar 3,5 meter persegi tersebut memakan waktu selama tiga minggu.

“Ini gagasan Pemuda Kampung Cidokom 5, Desa Kopo. Jarak yang ditempuh sepanjag enam kilometer saat pelaksanaan arak-arakan bendera, titik mulai nya di Kampung Cidokom,” terangnya.

Ia berharap melalui arakan bendera ini tidak ada lagi membanding-bandingkan dalam kehidupan bermasyarakat. Melainkan, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. “Dengan kegiatan ini juga diharapkan Desa Kopo bisa menjadi desa mandiri,” pungkasnya (drk/c)

Baca Juga