25 radar bogor

Gempa Tektonik Guncang Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,0 mengguncang kawasan Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya, Senin (19/8/2019) pagi sekitar pukul 08:13 WIB,

Analisis BMKG menunjukkan bahwa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.77 LS – 106.53 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 8 kilometer.

“Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Citarik,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendri Nugroho dalam siaran persnya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sukabumi dengan skala Intensitas I – II MMI.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” terangnya.

Hingga laporan ini dibuat pukul 08:42 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut,” tandasnya. (ysp)