25 radar bogor

Dapat Penghargaan dari Kapolda, Ini Sosok Siswa Penolong Polisi Terbakar di Cianjur

Mohamad Ridwan Suryana, siswa yang menolong polisi terbakar saat mengamankan aksi unjuk rasa mahasiswa di Cianjur.

CIANJUR-RADAR BOGOR, Mohamad Ridwan Suryana, siswa kelas 11 SMK Pasundan I Cianjur yang tengah menjalani PKL di Pemkab Cianjur, mendadak menjadi viral karena aksinya memberikan pertolongan kepada polisi yang terbakar saat pengamanan aksi unjuk rasa mahasiswa beberapa waktu lalu.

Saat itu, secara spontan Ridwan memberikan air minum kepada polisi yang terbakar. Fotonya saat memberikan pertolongan kepada polisi itu akhirnya viral di media sosial (medsos).

Aksinya pun mendapat pujian dari masyarakat. Bahkan, Kapolda Jawa Barat (Jabar) memberikan penghargaan atas aksi Ridwan yang menolong polisi. Ridwan menceritakan, saat itu tengah jajan es di jam istrahat di kantor Pemkab Cianjur dan melihat ada aksi unjuk rasa mahasiswa.

“Awalnya saya jajan karena jam istrahat di PKL depan Pemkab Cianjur, lalu lihat ada demo ricuh. Pas lihat ada yang terbakar, kemudian saya hampiri karena si bapak teriak sakit dan merintih,” kata Ridwan usai mendapat penghargaan dari Kapolda Jabar, Senin (19/8/2019).

Ridwan menambahkan, saat itu kondisi cukup panik. “Saat saya dekati, api sudah padam. Saya gak ikut madamin api, lalu saya ambil air aqua gelas,” terangnya.

Sambil membimbing membaca istigfar, Ridwan menenangkan Ipda Erwin. “Saya tenangin dengan baca istigfar, dan itu saya lihat karena Saya takut bapa itu ga Ada umur,” jelasnya.

Ridwan menambahkan, saat membimbing membaca istigfar, lalu anggota lainnya membawa Korban ke Angkot. “Saya ga tau kalau jadi viral fotonya, saya niatnya hanya nolong. Saat itu pikiran saya nolong bapak itu agar tidak kesakitan,” terangnya.(arf/pin/ps)