Beranda Metropolis

Momentum HUT ke-74 RI, Pemuda Cilendek Bikin Petisi

BOGOR – RADAR BOGOR, Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-74 dilangsungkan secara berbeda oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Cilendek Raya (IPCR) Kota Bogor. Bukan dengan perlombaan melainkan membuat petisi bertajuk Aku Cinta Indonesia, Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami yang diarak kerumah-rumah warga dalam menyambut kemerdekaan RI.

“Spanduk kita arak dari rumah ke rumah warga di wilayah Cilendek Barat dan Cilendek Timur,” ujar Ketua Dewan Pembina IPCR Kota Bogor Brian Angga Prawira kepada Radar Bogor.

Selain rumah warga, IPCR Kota Bogor juga menyasar kantor kelurahan termasuk Mako Polsek Bogor Barat dan kantor kecamatan Bogor Barat untuk mendapatkan tandatangan dukungan dari pimpinan wilayah. “Alhamdulillah Pak Camat ikut tandatangan dan mendukung petisi kami karena petisi ini dibuat dengan tujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI,” jelasnya.

Ketua Umum IPCR Kota Bogor, Toga Marsauli menambahkan, gagasan tersebut sebetulnya lahir dari para pemuda untuk terus berkarya. Selain membangkitkan rasa nasionalisme, kegiatan itu juga diharapkan melahirkan sikap persaudaraan dan kekeluargaan antara pemuda dengan para warga maupun aparat di wilayah. “Saat ini kita tahu tingkat partisipasi dan kepedulian masyarakat semakin merosot terhadap kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan kreativitas yang digagas para pemuda, ini salah satu upaya kita untuk mendorong dan membangkitkannya lagi,” terang dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Kemerdekaan Alvian Prasetya mengungkapkan, selain dari bentuk kegiatan rutin tahunan, peringatan HUT RI yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan, Olahraga, Seni dan Budaya IPCR Kota Bogor ini juga tetap megadakan lomba-lomba tradisional. “Perayaan ini juga dimaksudkan untuk melestarikan lomba-lomba tradisional dikalangan generasi muda dan mempererat persaudaraan diseluruh elemen masyarakat,” bebernya.

Ditempat yang sama, Kepala Departemen Sosial Kemasyarakatan IPCR Kota Bogor, Ridwan menuturkan bahwa selama ini IPCR telah berbuat banyak bagi wilayahnya. Seperti pembetonan jalan gang Cidepit (tahap 1) sepanjang 50 meter, pembangunan Lapangan Pemuda dan rehabilitasi jembatan Cidepit baru. “Kegiatan ini merupakan bukti nyata bakti IPCR Kota Bogor terhadap lingkungan masyarakat. Kami berharap kedepannya untuk terus mendapatkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah pada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh IPCR Kota Bogor”, pungkasnya. (gal).

Baca Juga