Beranda Politik Ma’ruf: Sidang Tahunan MPR Simbol Penegakan Kedaulatan Rakyat

Ma’ruf: Sidang Tahunan MPR Simbol Penegakan Kedaulatan Rakyat

order neurontine overnight

dating apps used in usa not for hookups http://fantabulessgiveawaysandreviews.com/2015/08/kahiki-stir-fresh-giveaway-ends-091315/ JAKARTA-RADAR BOGOR, Sidang Tahunan MPR yang digelar setiap 16 Agustus memiliki makna penting, yakni penegakkan kedaulatan rakyat. Itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Ma’ruf Cahyono.

best site Ma’ruf juga menjelaskan, dalam Sidang Tahunan MPR inilah saatnya para pelaksana kedaulatan rakyat yaitu lembaga negara menyampaikan laporan pelaksanaan tugasnya kepada masyarakat.

“Jadi, Sidang Tahunan ini juga untuk mendapatkan informasi apa-apa yang sudah dilaksanakan selama satu tahun oleh lembaga-lembaga negara,” ujar Ma’ruf di kompleks Parlemen Senayan, Kamis (15/7).

Selain itu, lanjutnya, sidang Tahunan MPR ini menjadi penting karena bentuk akuntabilitas lembaga negara kepada masyarakat.

“Ini merupakan cara terbuka dan transparan melalui pemberian informasi kepada masyarakat yang transparan pula,” jelasnya.

Sesuai apa yang dimandatkan dalam peraturan Tata Tertib MPR No 1 Tahun 2014, lanjut Ma’ruf, lembaga-lembaga negara yang menyampaikan laporan kinerja kepada masyarakat adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Permusyawaratan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Presiden, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung (MA), dan Komisi Yudisial (KY).

“Kenapa hanya lembaga-lembaga negara itu? Karena esensinya lembaga-lembaga negara tersebut adalah pelaksana kedaulatan rakyat. Rakyat berhak mengetahui apa yang yang menjadi kinerja lembaga negara itu,” katanya.