25 radar bogor

Fadli Zon: Dari pada Kalimantan, Lebih Baik Jonggol Jadi Ibukota Negara

Israel
Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon mengecam keras rangkaian kekerasan yang dilakukan Israel akhir-akhir ini.
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon

BOGOR–RADAR BOGOR, Pemerintah pusat sudah menunjuk Kalimantan untuk lokasi pemindahan Ibukota. Kini, pemerintah pusat pun tengah disibukan dengan berbagai persiapan untuk pemindahannya.

Namun ditengah hiruk pikuk itu, tersimpan keinginan dari masyarakat Bogor agar Jonggol jadi ibukota negara. Setelah sebelumnya keinginan itu diutarakan Bupati Bogor Ade Yasin, kini giliran Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.

Wakil rakyat dari Kabupaten Bogor itu juga meninginkan agar Jonggol dijadikan pusat pemerintahan. Sebab, lokasinya tidak terlalu jauh dengan Jakarta. Menurutnya, lokasi ini lebih memungkinkan karena dari segi infrastruktur sangat memadai.

“Ini gagasan sudah ada dari zaman Bung Karno, Pak Harto sudah menggagas waktu itu rencana pemindahan ibu kota ke wilayah Bogor Timur di Jonggol dan sekitarnya. Saya kira itu jauh lebih memungkinkan secara infrastruktur dan sebagainya, atau di wilayah mana lebih dekat yang infrastruktur sudah jadi. Tapi, kalau membangun dari nol, apakah mempunyai kekuatan keuangan kita untuk itu. Ini yang harus dipikirkan,” ujar Fadli Zon seperti dikutif dari detikcom, Jumat (16/8/2019).

Menurut Fadli, pindahan ibu kota mesti diperhitungkan secara matang. Khususnya, mengenai anggaran. “Di manapun itu harus dihitung, uangnya dari mana, kalau uangnya bukan dari APBN uang dari mana, apa implikasi dari tidak menggunakan APBN, kemudian bagaimana memindahkan kan harus banyak membangun infrastruktur gedung, parlemen, kementerian-kementerian, lembaga, efisiensi seperti apa, apakah tidak kita konsentrasikan dulu kepada kepentingan kita lebih urgent yang ada di depan mata,” paparnya.

Dia berharap, hal itu dipikirkan secara matang, jangan sampai tidak terealisasi seperti halnya mobil nasional (mobnas). “Menurut saya dipikirkan, jangan seperti dulu ada mobnas tapi mobnas selama 5 tahun tidak terjadi, ada pemindahan ibukota, nanti pemindahan ibu kota tidak terjadi,” tutupnya.

Sebelumnya Bupati Bogor, Ade Yasin juga menginginkan Bogor sebagai ibukota negara. “Kalau ditanya soal wacana pemindahan ibukota, ya saya akan tawarkan di Bogor saja. Meskipun keputusan ada di beliau (Presiden Jokowi),” kata Ade Yasin saat diwawancarai Radar Bogor, Rabu (7/8/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berniat memindahkan ibu kota ke Kalimantan. Hal itu disampaikan dalam Jokowi dalam Pidato Kenegaraan yang digelar hari ini.(pin/dtc)