25 radar bogor

Mengerikan, Video Tiga Polisi Terbakar Saat Amankan Demo di Cianjur

Anggota Polres Cianjur terbakar saat amankan aksi demo mahasiswa, Kamis (15/8/2019).
Anggota Polres Cianjur terbakar saat amankan aksi demo mahasiswa, Kamis (15/8/2019).

CIANJUR-RADAR BOGOR, Aksi demo mahasiswa di Gedung DPRD Cianjur dan Pendopo Kabupaten Cianjur, Kamis (15/8/2019) berakhir petaka. Tiga petugas polisi harus dilarikan ke rumah sakit lantaran tubuhnya terbakar saat mengamankan aksi mahasiswa tersebut.

Sejumlah mahasiswa lantas diamankan karena diduga menjadi pelaku terbakarnya tubuh anggota polisi. Awalnya, aksi demo mahasiswa itu digelar di Gedung DPRD Cianjur dan dilanjutkan ke Pendopo Kabupaten Cianjur.

Massa aksi tersebut menuntut untuk bertemu Plt Bupati Cianjur Herman Suherman untuk menyampaikan tuntutannya secara langsung. Akan tetapi, Bupati tidak ada di tempat.

http://www.radarbogor.id/2019/08/15/amankan-aksi-demo-mahasiswa-di-cianjur-tiga-polisi-terbakar/

Akhirnya massa yang terdiri dari sejumlah organisasi mahasiswa ekstra kampus itu menggelar orasi di depan gerbang pendopo. Selanjutnya, polisi mengetahui bahwa mahasiswa membawa ban yang hendak dibakar yang lantas berusaha dicegah.

Mahasiswa pun melakukan aksi bakar ban. Polisi yang hendak memandamkan dengan air, namun ada dari kelompok mahasiswa malah menyiram bensin sehingga terkena petugas yang berusaha memadamkan api.

Akibatnya, api besar langsung menyambar beberapa anggota polisi di lokasi tersebut. Dari pantauan di lokasi, setidaknya ada lima anggota polisi tersambar. Tiga polisi mengalami luka bakar cukup serius.

Ketiganya adalah Bripda Aris Simbolon dan Bripda Yudhi anggota Dalmas Polres Cianjur. Sedangkan Aiptu Erwin Yudha anggota Polsek Kota mengalami luka bakar di atas 70 persen. “Anggota yang terluka langsung dilarikan ke rumah sakit,” ujar salah anggota polisi di lokasi kejadian.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengaku geram dan kecewa dengan aksi mahasiswa hingga mengakibatkan beberapa anak buahnya terbakar.

“Mahasiswa itu kurangajar itu, kebakar, jadi lagi disiram air, malah disiram bensi sama mereka, itu kurangajar kan. Ini sudah sangat keterlaluan. Tidak bisa diterima,” tuturnya.

Karena itu, Soliyah memastikan akan memberikan tindakan tegas atas peristiwa tersebut dan mengusut tuntas para pelakunya. “Saya pastikan, harus itu. Mereka sudah difasilitasi menggelar aksi, tapi malah bikin seperti ini, ” ucapnya.

Berikut video tiga anggota Polres Cianjur terbakar saat amankan aksi demo mahasiswa:

https://www.youtube.com/watch?v=c9kE7uGxy4c

(pin/sta/ps)