Beranda Metropolis

Jalan Raya Jakarta-Bogor Amblas, Camat Bogor Utara Ungkap Penyebabnya

Longsoran tak jauh dari Jalan Raya Jakarta-Bogor yang diduga jadi penyebab amblasnya jalan.

BOGOR – RADAR BOGOR, Amblesnya jalan Raya Jakarta-Bogor, tepatnya di Gapura Perbatasan Kota dan Kabupaten Bogor, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, disebabkan oleh longsor yang berada di sisi jalan.

Hati-hati Melintas di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Bagian Tengahnya Nyaris Amblas

Hal itu diungkapkan Camat Bogor Utara Rahmat Hidayat. “Ya, penyebabnya ada longsor yang tak jauh dari lokasi amblasnya jalan,” ujar Rahmat kepada Radar Bogor.

Longsoran itu berada di lingkungan RT 01/09 Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara. Longsoran yang sempat ditangani setahun lalu itu rupanya kembali memutus akses jalan warga. Saat ini kondisinya hanya ditutup dengan terpal. “Jadi sekarang berdampak pada yang di jalan,” tutur Rahmat.

Meski jalan yang amblas telah ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor dengan cara ditambal, menurut Rahmat akan lebih optimal ketika penanganan pada longsoran juga segera dilakukan. Karena amblasnya jalan lantaran pergeseran tanah di bawah jalan.

“Kalau secara teknis saya kurang paham. Tapi kan harusnya inti masalahnya (longsor, red) yang ditangani. Kalau itu tertangani maka saya yakin jalan kuat. Yang penting longsoran dulu,” jelasnya.

Penanganan itu juga, sambung dia, dilakukan oleh Satker Wilayah II Propinsi DKI Jakarta dan Sekitarnya. Sebab longsoran berada di pinggiran jalan nasional.

“Longsoran itu penanganannya dari pusat. Karena kan dipinggir jalan. Kita koordinasi melalui PUPR dan yang akan menyurati ke sana pihak PUPR untuk tindaklanjutnya,” pungkas dia. (gal)

Baca Juga