Beranda Bogor Raya

Ditemukan Ada Cacing Hati pada Hewan Kurban di Gunung Putri

Ilustrasi Daging Kurban

GUNUNG PUTRI – RADAR BOGOR, Dinas Perikanan dan Peternatakan Kabupaten Bogor, sebelumnya menyatakan ada 37.354 ekor hewan layak kurban.

Namun nyatanya dari hasil pemeriksaan ditemukan cacing hati pada hewan qurban oleh petugas pengawas kesehatan.

Setidaknya ada tiga titik lokasi penyembelihan hewan qurban di wilayah Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, yang mengalami masalah kesehatan.

Hal ini di sampaikan dr Nabila salah satu petugas kesehatan hewan yang di tugaskan untuk mengawasi dan memeriksa kesehatan hewan qurban di wilayah Kecamatan Gunung Putri, di Desa Gunung Putri Minggu (11/8/2019).

Dari hasil pemeriksaanya, Nabila mengatakan, ada tiga titik lokasi penyembelihan hewan qurban yang dia temukan, salah satunya di temukan cacing hati pada hati hewan qurban, dan keluar cairan yang mungkin di akibatkan hewan stres atau akibat alergi udara atau mungkin karena hewan stres,” ungkap Nabila.

Lebih lanjut, Nabila mengatakan semua hewan yang sudah diperiksa layak untuk di konsumsi. Adapun hewan hewan tadi yang sudah dilakukan pemeriksaan semua layak untuk dikonsumsi, sementara hewan qurban bercacing hati pada dasarnya tidak ada masalah asalkan di masak dengan benar. Hanya saja, lanjut dia, cacing adalah hal yang menjijikan.

“Namun jika sudah tercampur dengan kita bisa masak dengan benar tidak ada masalah di cuci dengan air bersih, dan kalau pun memang kita buang pun ga masalah,” kata dia.

Dia menyarankan, ke depannya masyarakat yang akan berqurban ada baiknya mengikuti anjuran pemerintah dengan membeli yang sudah berlabel sehat.

“Saran saya lebih baik jika kita akan membeli hewan lebih baik di peternakan yang sudah ada setifikat sehat, seperti di Desa Gunung Putri ini tadi ada sertifikat Sehatnya.” pungkas Nabila.(*/ipe)

Baca Juga