Beranda Ekonomi

Pertamina Buka Posko Siaga Idul Adha, Amankan BBM dan LPG

JAKARTA-RADAR BOGOR,LPG dimaksud yakni LPG subsidi 3 kilogram (KG) serta LPG non subsidi Bright Gas 5,5 KG, 12 KG, Elpiji tabung biru 12 KG dan 50 KG.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Tengku Fernanda mengungkapkan, dari kenaikan tersebut pihaknya mengalokasikan LPG subsidi 3 KG sekitar 166 ribu MT, atau sekitar 55 ribu tabung.

“Menghadapi Idul Adha dan HUT RI ke-74, kami menyiapkan penambahan hingga lebih dari 4 ribu tabung di Jawa bagian Barat. Konsumsi LPG diperkirakan naik sedikit, karena aktivitas memasak dan waktunya keluarga bersilaturahmi pada momen Idul Adha. Namun kenaikan tidak sebanyak saat Ramadhan dan Idul Fitri,” jelas pria yang akrab disebut Nanda ini.

Nanda menambahkan, pihaknya akan mengoptimalkan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Bagian Barat dengan menyiagakan Depot LPG hingga jalur distribusi resmi di 1.164 agen dan 31.074 pangkalan di wilayah MOR III.

Terkait kecukupan LPG subsidi, Nanda mengingatkan masyarakat yang berhak membeli LPG subsidi 3 KG, yakni keluarga pra sejahtera dan usaha mikro. Agar mendapatkan harga resmi sesuai HET SK pemda setempat bisa membeli isi tabung melon di Agen dan Pangkalan Resmi Pertamina

Lebih jauh, dia mengingatkan pengguna LPG untuk menggunakan produk tersebut dengan aman. Yakni sebelum memasang LPG, wajib memastikan bahwa tabung jauh dari sumber api.

Memastikan kondisi ruangan memiliki ventilasi yang cukup, kemudian cek kembali kompor dan selang sebelum memulai memasak.

Memastikan karet penyekat sudah terpasang dengan benar, tidak rusak maupun sobek, dan sesuai SNI. Dan, selang harus terpasang erat dengan penjepit regulator maupun kompor. Jangan sampai selang tertindih maupun tertekuk.

Kesiapan BBM

Sementara itu untuk kesiapan bahan bakar minyak (BBM), Pertamina MOR III mengoptimalkan pasokan BBM mulai dari Terminal BBM hingga ke SPBU untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan bakar bagi masyarakat.

“Konsumsi BBM pada Satgas Idul Adha diperkirakan stabil tidak ada kenaikan signifikan, karema Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari minggu, sehingga tidak terjadi peningkatan mobilisasi masyarakat ke luar kot,” jelas Nanda.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi produk dan pertanyaan lainnya dapat menghubungi call center Pertamina 135. (JPG)

Baca Juga