Beranda Berita Utama Pantai Selatan Sukabumi Terancam Tsunami, BPBD Siapkan Jalur Evakuasi

Pantai Selatan Sukabumi Terancam Tsunami, BPBD Siapkan Jalur Evakuasi

Petugas BPBD Kabupaten Sukabumi, saat rakoor untuk persiapan kegiatan ekspedisi destana tsunami di wilayah perairan Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, kamis (8/8/19).

SUKABUMI-RADAR BOGOR,Meskipun sejauh ini Pantai Selatan Sukabumi masih dinyatakan aman, namun hal itu tak membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi tenang.

Pasalnya, beberapa wilayah di garis pantai sepanjang 117 kilometer ini, memiliki tingkat kerawanan tinggi dalam hal evakuasi bencana.

Untuk itu, BPBD Kabupaten Sukabumi berencana akan melakukan ekspedisi destana tsunami di wilayah perairan Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, hari ini (9/8/19).

Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, untuk mengantisipasi halhal yang tak diinginkan, Pemkab Sukabumi sudah menyediakan jalur evakuasi sepanjang pantai Palabuhanratu sampai pantai Ujung Genteng.

“Bila laut Selatan Sukabumi terjadi tsunami, kami sudah persiapkan sekitar 15 jalur evakuasi,” beber Daeng kepada Radar Sukabumi (Radar Bogor Group) melalui telepon selulernya, kamis (8/8/19).

Ke-15 jalur evakuasi ini, diantaranya berada di Kampung Citiis, Desa Cikahuripan dan di Kampung Cigenteng, Desa/Kecamatan Cisolok serta di Kampung Cibolang, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

“Sementara untuk jalur evakuasi di pantai Ujung Genteng, berada di wilayah perkebunan karet. Ya, intinya semua zona evakuasi ini berada di dataran tinggi dan sangat aman bila terjadi bencana tsunami,” bebernya.