25 radar bogor

Bima-Dedie Dilantik jadi Mabicab Pramuka Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR,Wali Kota Bima Arya dan Wakil Wali Kota Dedie A Rachim kembali membaca sumpah jabatan. Kali ini, keduanya dilantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor, di Taman Ekspresi, Jalan Sempur, kemarin (9/8).

Dituntun Ketua Kwarda Provinsi Jawa Barat, Dede Yusuf. Dede mengatakan, di Pramuka, setiap ada pergantian kepala daerah Mabicab, harus dilantik ulang. “Ka Bima dahulu sudah pernah dilantik dan saat ini, esensinya adalah melantik pasangan Ka Bima, yakni Ka Dedie Rachim,” ujar Dede Yusuf.

Dede mengatakan, pelantikan Mabicab ini sekaligus meresmikan nama keduanya di struktur organisasi Kwarcab Kota Bogor. Pasalnya, sebagai Mabicab, mereka harus memenuhi tugas untuk menggerakkan roda kepramukaan yang ada di Kota Bogor. “Esensi kepramukaan itu ke relawan. Seperti membantu dalam program ciliwung bersih, penanganan sampah, semua itu tugas-tugas kerelawanan,” jelasnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, di periode keduanya sebagai Mabicab di Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor, ia akan lebih memaksimalkan seluruh potensi yang ada di Kwarcab. Mulai dari potensi dibidang seni, dibidang olahraga, bidang organisasi, bertualang sampai merumuskan ide kreatif akan dimaksimalkan dengan berbagai kegiatan.

Program kedua yang juga akan digalangkan, yakni Kwarcab Pramuka Kota Bogor ikut berlari bersama Pemerintah Kota Bogor. Pramuka harus ikut masuk dan berada di paling depan di program naturalisasi Ciliwung, edukasi sampah rumah tangga, penggunaan kantong ramah lingkungan dan berlari setiap pagi.

“Dan yang ketiga Insya Allah gerakan Pramuka Kota Bogor akan berkolaborasi dengan komunitas-komunitas di Kota Bogor akan semakin galau dan up-to-date,” tegasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Sekretariat Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, organisasi Pramuka itu wadahnya dalam membentuk generasi yang paham tentang perencanaan, pengelolaan keuangan, paham aksi serta paham bagaimana cara evaluasi.

“Di pengurus saya yang terakhir ini, saya juga ingin bisa membawa Kwarcab Pramuka Kota Bogor menjadi Kwarcab tergiat kesatu di Jawa Barat dan mengantarkan pak wali menjadi ketua Kwarda di periode berikutnya,” tandasnya. (wil/c)