Beranda Metropolis

Tiga Program Kamabicab Bima Arya Untuk Kwarcab Pramuka Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Suasana khidmat menyelimuti acara pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor, di Taman Ekspresi, Jalan Sempur, Kota Bogor, Jumat (09/08/2019).

Dibawah rindangnya pepohonan, Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim periode 2019-2024 membaca sumpah dituntun Ketua Kwarda Provinsi Jawa Barat, Dede Yusuf.

“Di Pramuka setiap ada pergantian kepala daerah Mabicab harus dilantik ulang. Ka Bima dahulu sudah pernah dilantik dan saat ini esensinya adalah melantik pasangan Kak Bima yakni Kak Dedie Rachim,” ujar Dede Yusuf.

Dede mengatakan, pelantikan Mabicab inipun sekaligus meresmikan nama keduanya di struktur organisasi Kwarcab Kota Bogor. Pasalnya sebagai Mabicab harus memenuhi tugas dan hal untuk menggerakkan roda kepramukaan yang ada di Kota Bogor.

“Esensi kepramukaan itu ke relawan. Seperti membantu dalam program ciliwung bersih, penanganan sampah, semua itu tugas-tugas kerelawanan,” jelasnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, di periode keduanya sebagai Mabicab di Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor akan lebih memaksimalkan seluruh potensi yang ada di Kwarcab. Mulai dari potensi dibidang seni, dibidang olahraga, bidang organisasi, bertualang sampai merumuskan ide kreatif akan dimaksimalkan dengan berbagai kegiatan.

Program kedua yang juga akan digalakkan, yakni Kwarcab Pramuka Kota Bogor ikut berlari bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Pramuka harus ikut masuk dan berada di paling depan di program naturalisasi Ciliwung, edukasi sampah rumah tangga, penggunaan kantong ramah lingkungan dan berlari setiap pagi.

“Dan yang ketiga Insya Allah gerakan Pramuka Kota Bogor akan berkolaborasi dengan komunitas-komunitas di Kota Bogor dan up-to-date,” tegasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor yang juga Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, organisasi Pramuka itu wadahnya dalam membentuk generasi yang paham tentang perencanaan, pengelolaan keuangan, paham aksi serta paham bagaimana cara evaluasi.

“Di pengurus saya yang terakhir ini juga ingin bisa membawa Kwarcab Pramuka Kota Bogor menjadi Kwarcab tergiat kesatu di Jawa Barat dan mengantarkan pak wali menjadi ketua Kwarda di periode berikutnya,” katanya. (Humpro :fla/adit/arvan/wanda/shealla-SZ)

Baca Juga