Beranda Metropolis

Aksi Lurah Bantarjati Bikin Bima Arya Kagum, Kenapa?

BOGOR-RADAR BOGOR, Kurang dari 30 hari pasca kunjungan kerja Wali Kota Bogor Bima Arya di Kelurahan Bantarjati, Bogor Utara, Lurah Bantarjati Dheri Wiriadirama menunjukan kinerja yang cukup baik. Hal tersebut seperti terlihat dari berhasilnya program normalisasi Sungai Cibagolo yang dilakukan bersama warga setempat.

Bima Arya yang datang kembali ke tempat yang sama pada Kamis (8/8/2019), tampak kagum dan tersenyum melihat anak-anak bermain air bersama dengan wajah riang gembira. Terlihat pula di sisi sungai para kaum ibu yang tengah asyik bercengkrama.

Sebelumnya, aliran sungai tersebut tampak dipenuhi keramba rusak dan dipenuhi tumpukan sampah. Kedalaman air pun sangat dangkal akibat timbunan lumpur dan sampah yang mengendap di dasar sungai.

“Selamat untuk Lurah Bantarjati yang telah tuntas dan cepat menjawab tantangan saya. Sungai Cibagolo bersih dalam waktu kurang dari satu bulan. Senang lihat anak-anak bisa main air di sana sekarang. Kuncinya adalah kerjasama. Terus kolaborasi dengan warga dan jaga terus kebersihannya, jangan lagi ada yang BAB disitu ya,” ungkap Bima Arya, mengapresiasi.

Sementara itu, Lurah Dheri menyatakan bahwa program normalisasi sungai tersebut masih akan terus dilanjutkan dengan menambah sejumlah fasilitas penunjang lainnya. “Alhamdulillah untuk normalisasi Cibagolo ini bisa dikatakan hampir selesai. Karena tadi kita lihat untuk sedimentasi tanahnya sudah diangkat, bantaran sungainya juga sudah kita tambal pakai TPT (tembok penahan tanah) sementara,” ujar Dheri.

Dheri menambahkan, sesuai instruksi Wali Kota Bogor untuk terus dilakukan perbaikan atau pembenahan secara menyeluruh. “Karena tadi banyak lahan warga yang kiranya masih kita bisa manfaatkan untuk taman atau fasilitas umum lain. Karena memang kepentingannya bukan hanya menambah kesenangan anak-anak saja, tapi lebih ke pelestarian alam hingga kebersihan lingkungan,” jelasnya.

Menurut dia, dengan ramainya anak-anak bermain di Cibagolo dan para orangtua yang berkumpul di sekitarnya membuat warga lain yang biasa membuang sampah ke sungai akan mengurungkan niatnya.

“Sudah pasti segan (membuang sampah ke sungai). Jadi pesannya lebih ke arah sana. Kami juga sudah menyiapkan gerobak sampah. Perbaikan menyeluruh untuk lingkungan kita supaya lebih nyaman lagi. Terimakasih kepada warga yang sangat antusias terlibat dalam normalisasi ini. Karena ada keinginan warga untuk dilakukan pembenahan di sini, tentunya ini sejalan dengan program kami,” katanya.

Di tempat yang sama, Camat Bogor Utara Rahmat Hidayat mengatakan bahwa progres normalisasi tersebut akan terus disempurnakan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Selain sungainya yang dinormalisasi, fasilitas umumnya juga akan dibuat lebih rapi. Dibuat TPT, membuat jalan setapak dengan paving. Hanya saja masih ada beberapa kendala salah satunya terkait persoalan lahan warga. Nanti kami akan cek kembali legalitasnya, apa benar tanah warga bersertifikat sampai bantaran sungai atau tidak. Akan dimediasi semua. Kami juga mengajak warga untuk sama-sama menjaga apa yang sudah dikerjakan sehingga terawat dengan baik,” pungkasnya. (Humpro :adt/arvan/pri)

Baca Juga