25 radar bogor

Bayar Kompensasi Pemadaman Capai Triliunan, PLN Potong Gaji Pegawai

Plt Direktur Utama (Dirut) PLN Sripeni Inten Cahyani (tengah).
Plt Direktur Utama (Dirut) PLN Sripeni Inten Cahyani (tengah).

JAKARTA – RADAR BOGOR, Dampak mati listrik masal (blackout) di separo Jawa pada Minggu (4/8) turut dirasakan pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Itu terkait dengan kompensasi yang harus dibayarkan perusahaan BUMN listrik itu kepada 21,9 juta pelanggan.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Abumanan menuturkan, pihaknya harus melakukan penghematan keuangan untuk membayar kompensasi.

Sebab, dana untuk pembayaran kompensasi memang berasal dari biaya operasional perusahaan. Tidak boleh dari subsidi atau APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara).

”Makanya harus hemat lagi, gaji pegawai kurangi,” terangnya di DPR Selasa (6/8/2019).

Namun, dia menggarisbawahi, yang dipotong bukan gaji pokok. Melainkan insentif kesejahteraan yang dimasukkan dalam gaji. ”Di PLN itu ada merit order. Kalau kerjanya tidak bagus, potong gaji. Enggak ngebul satu semester berikutnya,” imbuhnya.

Nilai kompensasi untuk pelanggan yang terdampak blackout mencapai Rp839,88 miliar. Estimasi kompensasi terbesar untuk pelanggan rumah tangga, yakni Rp346,92 miliar.

Lalu, kompensasi pelanggan industri sebesar Rp229,63 miliar dan pelanggan bisnis Rp214,99 miliar. Kompensasi lainnya seperti untuk sektor sosial dan fasilitas publik jumlahnya relatif lebih kecil. Namun, angka-angka tersebut perlu verifikasi pemerintah.

Selain itu, PLN berpotensi merugi (opportunity lost) Rp90 miliar akibat tidak bisa menjual listriknya ke pelanggan saat pemadaman listrik berlangsung. Potensi kerugian tersebut dihitung berdasar jumlah daya yang hilang dikalikan dengan durasi serta harga tarif listrik sesuai golongan pelanggan. ”Rp90 miliar (karena) tidak bisa menjual listrik ke pelanggan,” ungkapnya.

Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani menegaskan, pemberian kompensasi tersebut akan diperhitungkan sebagai pengurang pada tagihan periode Agustus.

”Kami sudah menyusun program mengenai keandalan dan security untuk jaringan sistem Jawa Bali. Meliputi pembangkit, transmisi, maupun gardu induk sampai ke pelanggan,” terang mantan Direktur Utama PT Indonesia Power tersebut.

Khusus pelanggan prabayar, kata dia, kompensasi akan diberikan saat pelanggan membeli token berikutnya. Besaran kompensasi yang diterima dapat dilihat pada tagihan rekening atau bukti pembelian token untuk konsumen prabayar (vir/idr/mar/byu/agf/fal)