25 radar bogor

Tingkatkan PAD, Bima Arya Ajak Perhotelan Berlari

BOGOR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor tahun ini untuk pertama kalinya mencapai Rp 1 Triliun. Komponen paling besar yakni dari PBB-P2, BPHTB dan komponennya dari pajak Hotel dan Restoran .

Bima menyebutkan, untuk hotel tahun ini target PAD sebesar Rp 83 miliar. Sementara itu, untuk restoran lebih tinggi lagi tahun ini sebesar Rp 129 miliar. Namun di anggaran perubahan diprediksi bisa naik lagi mencapai Rp 131 miliar.

Jika dilihat dari potensinya, di Jawa Barat okupansi Hotel di Bogor terbaik se-Jawa Barat dengan angka 81.  Artinya di Kota Bogor belum jenuh dan pasarnya masih kompetitif.

“Modal dari  pendapatan ini adalah hubungan silaturahmi dan  komunikasi yang baik antara Pemkot, PHRI, pihak IGMA dan dari pihak pariwisata. Namun saat ini belum mencapai satu titik dimana kita sama-sama punya strategi  yang matang,” kata Bima saat membuka Bogor Hotel Expo 2019 di Lippo Keboen Raya Bogor, Sabtu (03/08/2019).

Bima mengatakan, momentum ini  dijadikan sebagai langkah awal atau babak baru untuk bersama-sama menyusun strategi untuk 5 tahun kedepan. Strateginya, yaitu bagaimana bagi insan perhotelan membuat program untuk bisa mengundang  wisatawan agar dapat menginap di Kota Bogor.

Untuk itu harus ada strategi sistem sistematis yang menghubungkan antara event dan okupansi  hotel. Kedepan Bappeda dan Disparbud harus berkoordinasi dengan perhotelan untuk menganalisis data. Data okupansi hotel dikaitkan dengan event yang ada di Kota Bogor, seperti Bogor Street Festival dan Helaran.

“Kami ingin datanya dianalisis, hotel mana yang paling diuntungkan, difavoritkan untuk menjadi tujuan saat Cap Go Meh, Helaran, dampaknya apa, dan lihat juga data UMKM, serta data restoran. Apakah restoran dan hotel terkena dampaknya dari data-data yang dianalisis secara akurat,” kata Bima.

Strategi yang perlu diperhatikan saat ini adalah revitalisasi objek destinasi wisata agar lebih baik lagi. Strategi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kedepan adalah membangun kampung tematik.

Dia menyebutkan, tahun ini akan dibangun trotoar sisi kiri mulai dari Pasar Bogor sampai Gang Aut beserta lampu dan dekorasi. Selain itu, tahun ini juga di Babakan Pasar ditetapkan menjadi project Kampung Tematik.

“Bogor Berlari bukan sekedar Tagline, tapi berlari membangun infrastruktur Kota. Maka tujuan dari PAD yang tinggi adalah pertama untuk infrastruktur, melayani warga agar lebih baik lagi, kedua untuk gaji ASN. Diharapkan teman-teman hotel pun siap berlari, seperti taglinenya Berlari Bersama Memajukan Pariwisata Bogor,” ujarnya. (Humpro :Tria/Adit/Melly-Indira PKL-SZ)