25 radar bogor

45 Desa di Kabupaten Bogor Masih Tertinggal, Ini yang Akan Dilakukan Bupati

Salah satu rumah tak layak huni di Kabupaten Bogor. Hendi/Radar Bogor

CIBINONG – RADAR BOGOR, Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam mengentas kemiskinan masih belum maksimal.

Ihwalnya, dari total 416 jumlah desa yang ada di bumi tegar beriman, 45 diantaranya masih masuk dalam kategori tertinggal atau miskin.

Bupati Bogor, Ade Yasin tak menampik hal itu. Ade berjanji, Pemkab Bogor secara bertahap akan mengurangi jumlah desa tertinggal lewat bedah kampung.

Rencananya, kata Ade, dia dan jajarannya akan melakukan program baru ke depannya. Meski begitu, ade membandingkan, saat ini desa-desa yang ada di kabupaten adalah mayoritas berstatus desa berkembang.

“Ini ada program bedah kampung supaya desa terisolir bisa dibenahi,” kata Ade, Kamis (1/8/2019).

Dia bercita-cita, setiap tahun desa tertinggal yang ada di Kabupaten Bogor ini bisa berkembang, ke desa maju, lalu menjadi desa mandiri.

Nantinya, program bedah kampung ini tidak dilakukan serentak di 45 desa. Perbaikan rumah-rumah tak layak huni itu akan dimulai secara bertahap dibuat menjadi empat atau lima desa per tahun.

“Jadi tidak serentak. Tiap tahun, berapa desa dulu, bertahap. Per tahun minimal lima sampai enam desa,” jelasnya.

Dia meminta, kepada seluruh kepala desa yang terkait untuk tetap melakukan koordinasi agar program bedah kampung ini bisa berjalan dengan lancar ke depannya.Dia juga beharap, dengan program ini mampu mengurangi jumlah desa tertinggal di Kabupaten Bogor.

Soal anggaran, Ade sudah melakukan hitung-hitungan. Ade menyebut, Pemkab Bogor menganggarkan Rp40 miliar pada 2019 untuk program bedah kampung.

Sementara itu, sebagai salah satu yang masuk daftar desa tertinggal, Kecamatan Sukamakmur memiliki lima kampung yang termarjinalkan, diantaranya Kampung Mulyasari dan Kampung Babakan Banten di Desa Sukamulya, Kampung Bojong Honje, Kampung Bojong Terong dan Kampung Nyalindung di Desa Pabuaran.

Sekretaris Desa (Sekdes) Pabuaran, Wahyudin mengatakan, kampung paling terisolir lainya adalah Kampung Bojong Terong dan Kampung Nyalindung.

Untuk menuju dua kampung tersebut hanya ada satu jalan. Pertama melalui jalan hotmik sejauh satu kilometer. Selepas itu memasuki jalan berbatu sepanjang satu kilometer. Sisanya jalan tanah merah.(ipe)