25 radar bogor

Warga Naringgul Cisarua Tolak Pembongkaran, Wabup Bakal Tinjau Lokasi

Bangunan rumah milik warga Kampung Naringgul Rt 001/017, Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua yang akan ditertibkan Satpol PP.

CISARUA-RADAR BOGOR, Penolakan warga Naringgul Cisarua terhadap rencana pembongkaran kediaman mereka oleh Satpol PP, mendapat perhatian Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Pembongkaran tersebut terkait dengan rencana pembangunan rest area di Kampung Naringgul, Kecamatan Cisarua.

Wabup Iwan Setiawan bakal memastikan terlebih dahulu rencana pemanfaatan lahan seluas 4 hektare yang bakal dibangun menjadi rest area di Naringgul.

“Saya ingin tahu dulu rencana rest area tersebut, karena yang sudah disepakati KSO PTPN VIII Gunung Mas,” ujar Iwan kepada Radar Bogor, kemarin.

Apalagi dengan adanya aduan masyarakat yang merasa keberatan untuk dilakukan pembongkaran. Politisi Gerindra itu menambahkan, lahan yang bakal dibangun diyakini bukan miliki PTPN VIII tetapi milik swasta.

“Tapi saya belum tahu langkah konkrit seperti apa. Yang jadi masalah ini kesepakatanya yang membuat rest area PT Ciliwung atau pemerintah? Ini belum ada laporan. Kalai memang Pemda, harus ada bagaimana musyawarah dan kepentingan apakah untuk mengurai macet atau rest area wisata, saya belum tau KSOnya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta penertiban harus mengikuti aturan yang ada. “Ini (penertiban,red) kan keinginan masyarakat juga yang ingin Puncak dikembalikan menjadi kawasan hijau,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, banyak aspirasi berbagai komunitas yang masuk ke Pemerintah Desa dan Kecamatan yang menginginkan kawasan Puncak ditata kembali menjadi kawasan yang seperti sedia kala.

“Ini bukan keinginan pemerintah dan tapi aspirasi masyarakat yang kita tampung, jadi penertiban ini hasil dari keinginan masyarakat dan Pemkab Bogor,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Burhanudin, kawasan Puncak kini mulai tertata, setelah dilaksanakannya pelebaran jalan hingga trotoar bagi pejalan kaki. (ded/drk/c)