25 radar bogor

Mulai 2020, PD PPJ Rombak Enam Pasar Tradisional di Kota Bogor. Mana Saja?

Lokasi Pasar Jambu Dua yang akan dirombak tahun depan. (dok. Radar Bogor)
Lokasi Pasar Jambu Dua yang akan dirombak tahun depan. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Rencana revitalisasi pasar terus dimatangkan Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ). Tak tanggung-tanggung, perusahaan plat merah ini akan melakukan revitalisasi di seluruh pasar yang ada di Kota Bogor secara bertahap.

Diawali pada 2020, sebanyak enam pasar akan langsung digarap. Hal itu diungkapkan Direktur Operasional (Dirops) PDPPJ Kota Bogor Denny Ari Wibowo.

“Enam pasar yang akan direvitalisasi 2020, yaitu Pasar Jambu Dua, Sukasari, Tanah Baru, Pamoyanan, Taman Kencana dan Padasuka (cunpok),” ujarnya kepada Radar Bogor, Selasa (30/7/2019).

Saat ini, sambung dia, Fisibility Study dan Detail Engineering Design (DED) seluruh pasar sedang dibuat. Sambil dilakukan kajian agar pasar yang akan direvitalisasi tidak mubazir dan sesuai kebutuhan Kota Bogor.

“Semuanya kita buat DED, sambil kita kaji dulu pasar seperti apa yang sesuai dengan kondisi masyarakat dan perekonomian di Kota Bogor,” tuturnya.

Disisi lain, sambung Denny, dua dari enam pasar tersebut masih memerlukan proses cukup panjang. Saat ini pihaknya tengah mengupayakan melakukan pengajuan kepada DPRD untuk penambahan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) untuk Tanah di Pasar Jambu Dua, tepatnya di Blok B dan C, serta tanah dan bangunan di Pasar Sukasari.

Sementara, untuk anggaran yang akan digunakan, tambah dia, dari beberapa sumber. Seperti PMP, pihak ketiga atau bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pusat.

“Anggarannya untuk Jambu Dua dan Sukasari pihak ketiga, lalu Pamoyanan, Tanah Baru dan Taman Kencana dari PMP atau Provinsi maupun Pusat, tapi kita lihat DED nya selesai dulu baru kita tahu pasar mana saja yang akan di serahkan ke Pemkot untuk dapat bantuan dari Pemprov atau Pusat itu,” pungkasnya. (gal/c)