25 radar bogor

Lepas Kloter 80, Bima Arya Berbagi Pengalaman kepada Calon Jamaah Haji

BOGOR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya melepas 195 calon jamaah haji asal Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Karawang yang tergabung dalam kloter 80 di Masjid Raya Bogor, Jalan Pajajaran, Bogor Timur, Rabu (31/7/2019) dini hari.

Sebelum melepas menuju Embarkasi di Bekasi, Bima Arya sedikit berbagi pengalamannya kepada para calon jamaah haji. Salah satunya mengenai menjaga kondisi tubuh.

“Jaga kesehatan. Cuaca di sana sedang panas. Tentunya jangan khawatir karena ada tim dokter yang Insya Allah maksimal di sana. Ada yang pembimbing juga,” ungkap Bima.

Ia menambahkan, selain perbanyak ibadah, dirinya menyarankan para jamaah untuk memperbanyak asupan air putih selama berada di sana.

“Kalau nasihat dari orangtua, para senior, para pembimbing, selain banyak ibadah, juga harus banyak-banyak minum air putih atau air Zamzam. Jangan terlalu dingin karena kadang-kadang kalau kita sedang kepanasan, rasanya ingin selalu minum air dingin. Disitulah biasanya ketahan badan kita menurun,” ujar Bima, memberi saran.

Apa yang disarankan Bima Arya, katanya, merupakan sebuah pengalaman pribadinya saat melaksanakan Ibadah Haji beberapa tahun lalu.

“Ini pengalaman pribadi ketika haji. Di sana hausnya luar biasa, ingin yang dingin-dingin. Mudah-mudahan bapak ibu bisa menjaga kesehatan di sana,” terang dia.

Bima juga menyatakan bahwa selama di sana akan menikmati suasana kebersamaan antar sesama calon jamaah haji.

“Jaga keamanan di tempat menginap juga. Insya Allah bapak ibu akan menikmati suasana kebersamaan di sana. Menikmati bagaimana di maktab masing-masing penuh dengan kebersamaan, suka dan duka. Walaupun kadang-kadang di penginapan, suka ada ‘pertengkaran’ kecil soal suhu AC. Kadang-kadang ada yang ingin sekian derajat, sekian derajat tapi Insya Allah dinikmati dalam suatu kebersamaan dan berkah,” katanya.

Bima juga mewakili Pemkot Bogor mengucapkan selamat karena calon haji yang telah memiliki kesempatan untuk memenuhi undangan Allah di Tanah Suci.

“Tidak ada yang pantas kita ucapkan kecuali rasa syukur kita karena hanya atas takdir-Nya, hanya karena kehendakn-Nya dini hari ini kita dipertemukan di tempat yang Insya Allah penuh barokah dalam rangka mengawali seluruh rangkaian tahapan ibadah haji di Tanah Suci,” bebernya.

“Teriring doa dari saya dan Keluarga Besar Pemkot Bogor. Selamat di perjalanan, barokah selama rangkaian ibadah dan pulang kembali dalam keadaan sehat walafiat disambut oleh sanak keluarga yang berbahagia pastinya,” tambah Bima.

Tak lupa Bima Arya juga meminta kepada para calon jemaah haji untuk ikut mendoakan Kota Bogor semoga dalam keadaan kondusif dan warganya makin sejahtera.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Kemasyarakatan Setdakot Bogor Iman mengatakan, total calon jemaah haji yang akan diberangkatkan berjumlah 1.008 orang.

“Yang tadi dilepas Pak Wali merupakan kloter gabungan dengan jumlah 195 jemaah. Mereka dari Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang jadi digabung. Nanti kloter terakhir dari Kota Bogor akan diberangkatkan sebanyak 410 jamaah pada 1 Agustus 2019,” ungkap Iman.

Iman meminta kepada para calon haji untuk terus mengikuti arahan pembimbing dan petugas di lapangan.

“Kita mengharapkan semoga jamaah haji kita dapat melaksanakan ibadah dengan khidmat, selamat dan lancar dan juga kembali ke Bogor dalam keadaan sehat walafiat,” pungkasnya. (Humpro :adt/pri)