25 radar bogor

Dapat Bantuan dari Kementerian ESDM, Kabupaten Bogor Masih Minim PJU

Ilustrasi PJU

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor setiap tahunya selalu menambah penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor.

Hanya saja, dengan luasnya wilayah Bumi Tegar Beriman, masih banyak wilayah Kabupaten Bogor yang belum memiliki fasilitas PJU.

Kepala Seksi (Kasi) Prasarana Dishub Kabupaten Bogor, Ade Habib menjelaskan, ditahun ini saja, Pemkab Bogor menerima 1.372 titik PJU lebih yang bakal tersebar di seluruh Kabupaten Bogor.

Rincianya, 900 titik PJU dari Kementrian ESDM melalui Dirjen Energi Baru dan Terbarukan (EBTK). Menurutnya program hibah PJU yang berasal dari kementrian itu tersebar di 40 kecamatan.

Sekarang lagi disurvey titiknya,” ujar Habib kepada Radar Bogor, Selasa (30/7/2019).

Sedangkan bantuan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang kini sedang dipasang di sepanjang Jalan Raya Bogor Jakarta.

Habib menambahkan, ditahun ini Pemkab Bogor juga menambah 352 titik PJU yang tersebar di lima unit pelaksana teknis (UPT). Ia menambahkan, minimnya PJU di Kabupaten Bogor tak lepas dari keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah, dan juga luasnya wilayah.

Tak heran di jalan Kabupaten Bogor berapa ruas jalan tak memiliki PJU. “Ya, ada beberapa kampung yang masih mengeluhkan. Dan masih banyak pula beberapa ruas jalan kabupaten. Kalau ga salah dari 459 ruas jalan kabupaten itu belum semuanya ada PJU,” tukasnya.(ded)