25 radar bogor

The New Michael Phelps Sukses Memecahkan Rekor Medali Michael Phelps

JAKARTA-RADAR BOGOR,Luar biasa. Perenang Amerika Serikat Caeleb Dressel lagi-lagi menunjukkan dominasinya pada Kejuaraan Dunia Akuatik 2019 Gwangju, Korea Selatan.

Hanya dalam tempo dua jam, Dressel memborong tiga emas. Jadi, total medali yang dia bawa pulang dari ajang ini berjumlah delapan. Yakni enam emas dan dua perak.

Delapan medali itu melampaui rekor seniornya, Michael Phelps sebagai pengumpul medali terbanyak dalam satu edisi Kejuaraan dunia.

Phelps mendulang tujuh medali pada edisi 2007 di Melbourne. Tapi bedanya saat itu tujuh medali Phelps semuanya adalah emas.

Kemarin malam saat tampil pada hari terakhir, Dreseel yang disebut-sebut sebagai The New Michael Phelps meraih tambahan perak dari nomor estafet 4×100 meter gaya ganti putra. Medali emas dibawa pulang tim Britania Raya.

Tapi hal ini sama sekali tidak menghapus raihan apiknya sepanjang ajang ini. Pada malam sebelumnya, perenang 22 tahun kelahiran Florida itu meraup tiga emas dalam durasi 120 menit.

Dressel berdiri di podium tertinggi pada nomor 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya kupu-kupu, dan 4×100 meter gaya bebas mix.

Bahkan pada nomor terakhir itu, skuad AS memecahkan rekor dunia atas nama mereka sendiri yang tercetak dua tahun silam di Budapest, Hungaria.

Tim AS kali ini menjadi yang tercepat dengan membukukan 3 menit 19,40 detik. Lebih baik dari rekor sebelumnya yakni 3 menit 19,60 detik.

Saat mengamankan nomor 50 meter gaya bebas, Dressel membukukan catatan waktu 21,04 detik.

Dua perenang yang ada di belakangnya kompak meraih perak karena sama-sama membuat catatan waktu 21,45 detik.

Mereka adalah Bruno Fratus (Brasil) dan Kristian Gkolomeev (Yunani).

Hanya 34 menit setelah mengamankan emas 50 meter gaya bebas, Dressel kembali menjadi yang tercepat di final nomor 100 meter gaya kupu-kupu. Dia membuat catatan waktu 49,66 detik.

“Ini semua didapat dengan cara yang tidak mudah. Sungguh tidak mudah,” ucap Dressel dilansir Associated Press.

Pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu ini, perenang Rusia Andrey Minakov meraih perak dengan raihan 50,83 detik.

Sementara perenang Afrika Selatan Chad le Clos meraih perunggu dengan 51,16 detik.

“Caeleb memang luar biasa,” kata Chad le Clos.(JPG)