25 radar bogor

Ini Lho 6 Manfaat Penting Jaket untuk Pengendara Motor!

Selain helm, rompi motor dan sarung tangan, ternyata jaket juga menjadi perlengkapan yang wajib kamu pakai saat berkendara motor. Jika perlu kamu harus mempertimbangkan untuk membeli jaket motor kalau sering bepergian jauh maupun touring. Tidak perlu yang mahal asalkan kualitas bagus dan bisa bertahan akan cuaca ekstrem sudah cukup untuk keselamatan berkendara. Tak hanya dapat terlihat keren, ternyata jaket motor juga memiliki manfaat lain lho. Apa saja sih manfaatnya? Yuk, simak ulasannya disini!

1. Perlengkapan keselamatan berkendara

Sumber : kompasiana.com

Menggunakan jaket motor dapat mengurangi cedera pada saat terjadi kecelakaan. Dengan menawarkan perlindungan tersebut biasanya pada jaket motor standar dilengkapi dengan bantalan di bagian tubuh bahu dan siku lengan tangan. Saat terjadi kecelakaan, luka yang sering terjadi pada siku maupun bahu diakibatkan dari bergesekan dengan aspal dan dapat mengakibatkan kulit melepuh. Nah, bantalan pada jaket motor ini bisa mengurangi risiko tersebut.

Selain itu pada jaket motor juga sering dilengkapi fitur keselamatan lain seperti bahan illuminator yang dapat memantulkan cahaya ketika digunakan saat malam hari. Memang sih jaket motor nggak digunakan sehari-hari, tetapi apa salahnya jika kita memilikinya untuk keselamatan berkendara.

2. Rasa nyaman ketika berkendara

Sumber : kampoengkulit.com

Tidak hanya memberikan keselamatan pengguna, jaket motor juga dapat memberikan kita rasa nyaman saat keliling kota maupun perjalanan jauh. Dengan bahan yang empuk dan hangat dapat menghindari kita dari hembusan angin malam hingga serangga.

3. Dapat memberikan kesan gagah dan tangguh

Sumber : jurnalmaskoolin.com

Bagi pengendara motor pria yang menggunakan jaket motor akan memberikan kamu kesan gagah dan tangguh, lho. Kamu akan terlihat menarik dan macho saat menggunakan jaket motor yang tidak terlalu banyak aksesorisnya. Lebih baik memilih model yang tidak ketinggalan zaman daripada memilih model kekinian.

4. Dapat menunjang penampilan busana

Sumber : gastrad.co.id

Jaket motor kini sudah menjadi ikon pakaian oleh para pengendara di penjuru dunia. Sebab orang yang memakai jaket saat sedang berkendara akan merasa memiliki gaya yang berkesan trendi. Bahkan orang yang tidak mengendarai sepeda motor pun juga tertarik untuk memiliki dan memakainya, lho!

Jangan memilih jaket motor yang memiliki terlalu banyak aksesoris. Sebab hal seperti ini akan terlihat norak dan malah mengganggu. Meskipun terlihat keren, aksesori yang terlalu banyak akan mengganggu ketika berkendara dan bahkan bisa mengancam keselamatan kamu saat mengendarai motor. Pilihlah jaket yang biasa saja dan sederhana serta memiliki keselamatan yang memadai bagi pengendara.

5. Perlengkapan yang wajib dipakai pengendara motor

Sumber : mobimoto.com

Mau jauh atau dekat keamanan sudah menjadi hal wajib bagi pengendara. Tidak hanya sebagai aksesoris saja jaket juga harus dikenakan oleh pengendara untuk keselamatan serta kenyamanan ketika berkendara. Oleh sebab itu, kamu perlu memilih jaket yang memiliki desain tepat dengan ukuran pas ya!

6. Sebagai penghalang pemicu penyakit

Sumber : Youtube

Dengan menggunakan jaket motor badan pengendara akan terlindungi dari terpaan angin, debu serta polusi jalanan. Pastinya jika kita sepele dengan hal ini lambat laun akan berdampak buruk pada tubuh. Debu serta polusi yang terlalu sering kita hirup akan menyebabkan terjadinya penyakit flu, masuk angin hingga TBC lho.

Nah, itulah 6 manfaat lain dari jaket motor bagi pengendara. Tentunya keselamatan berkendara itu tidak selalu datang dari perlengkapan apa yang kita gunakan. Tetapi kita semua juga harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan selalu berhati-hati dalam berkendara. Tetap safety riding ya guys!. (*)