25 radar bogor

9 Orang Diamankan KPK di Kudus, Diduga Ada Bupati Terciduk

ilustrasi penangkapan oleh KPK

AKARTA-RADAR BOGOR,Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini lembaga antirasuah itu beroperasi di Kudus, Jawa Tengah, Jumat siang (26/7).

Hasil OTT tersebut satgas KPK mengamankan sembilan orang.

“Kami menerima Informasi dari masyarakat bahwa akan terjadi transaksi. Setelah dilakukan pengecekan di lapangan terhadap bukti-bukti awal sehingga KPK segera melakukan tindakan cepat,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan saat dihubungi, Jumat (26/7/2019) .

Dari sembilan orang yang diamankan itu kabarnya terdiri atas Bupati Kudus Muhammad Tamzil, staf dan ajudan Bupati Kudus, serta calon kepala dinas. “Beberapa saat setelah transaksi terjadi, KPK mengamankan total 9 orang sampai saat ini,” jelas Basaria.

Diduga OTT ini terkait terkait pemberian suap pengisian jabatan di Kabupaten Kudus. Penjelasan detail atas OTT ini belum dapat disampaikan karena masih dalam proses pendalaman.

Selain meringkus sembilan orang, satgas KPK pun mengamankan sejumlah uang yang diduga bagian dari transaksi tersebut. Untuk jumlah uangnya masih dalam proses penghitungan.

“Ada uang yang sudah diamankan oleh Tim KPK yang masih dihitung. Kami menduga terjadi sejumlah pemberian terkait pengisian jabatan ini,” ucap Basaria.

Kini para orang yang ditangkap telah digiring markas polisi daerah setempat untuk pemeriksaan lebih dalam. Pemeriksaan itu untuk menentukan status hukum terhadap mereka. “Informasi lebih lengkap akan disampaikan besok di Kantor KPK melalui konferensi pers,” pungkas Basaria.

Sementara ini untuk pihak Kabupaten Kudus belum bisa dimintakan keterangannya. Hingga berita ini dilansir belum ada tanggapan dari pihak Kabupaten Kudus maupun dari Bupati Kudus Muhammad Tamzil. (JPG)