25 radar bogor

Golkar: Jangan Dianggap Serius, Edaran Susunan Kabinet Jokowi-Ma’ruf,

Presiden-wapres terpilih hasil pilpres 2019, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (RAKA DENNY/JAWAPOS)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebuah lembaran berisikan susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin beredar di kalangan awak media. Sejumlah nama tokoh dari partai politik pun menghiasi di kabinet tersebut.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan ‎Syadzily membantah dengan tegas keaslian susunan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut. Apalagi lembaran berisikan susunan kabinet itu beredar dari sumber yang tidak jelas.

“Kalau Presiden sudah mengumumkan, kabar tentang nama-nama kabinet itu, sudah pasti. Kalau masih seliweran enggak jelas sumbernya dari mana jangan terlalu dianggap serius,” ‎ujar Ace di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/7) dikutip dari jawapos.com.

Waki‎l Ketua Komisi VIII DPR ini juga menegaskan, semua partai politik menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi sebagai presiden terpilih hasil pilpres 2019, dalam menentukan kabinetnya. Sehingga tidak mungkin menyodorkan nama dan langsung disebar ke kalangan media.

“Karena saya kira hampir semua parpol KIK menyerahkan semuanya kepada Presiden, dan kami yakin juga Pak presiden pada saatnya juga akan membicarakan dengan seluruh partai koalisi,” katanya.

Susunan menteri untuk Kabinet Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin kembali beredar. Dalam susunan itu terdapat sejumlah nama baru yang akan menduduki kabinet Jokowi jilid II.

Kabinet itu diisi ‎mulai dari Menko Polhukam yang tadinya diduduki Wiranto dalam draf tersebut digantikan oleh Moeldoko. Kemudian Menteri Dalam Negeri yang tadinya diduduki oleh Tjahjo Kumolo kini diduduki Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Selanjutnya, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian dijabat Soetrisno Bachir, Menteri Koperasi dan UMKM Eva Kusuma Sundari, Menteri Ketenagakerjaan Rieke Dyah Pitaloka, Menteri Agraria dan Tata Ruang dijabat oleh Arief Budimanta.

Sementara itu, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan diisi oleh Muhamad Prananda Prabowo, Menteri Sosial Zannubah Ariffa Chafsoh, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Grace Natalie, Menteri Pemuda dan Olahraga Erick Thohir, serta Menkominfo Angela Herlina Tanoesoedibjo.

Selanjutnya posisi Jaksa Agung dipegang oleh Mahfud MD, Sekretaris Kabinet akan dijabat Maruarar Sirait, dan Kepala Staf Kepresidenan didisi oleh Diaz Hendropriyono. (JPG/magang-damar)