25 radar bogor

Pinjam Lahan 100 Meter Dekat Lokasi Coran Ambruk, Solis Kembali Dibuka Dua Jalur

Lalu lintas di ruas Jalan Raya Soleh Iskandar kembali dibuka dua jalur, Senin (16/7/2019). Nelvi/Radar Bogor

BOGOR- RADAR BOGOR, Lalu lintas di Jalan Raya Soleh Iskandar (Solis) pasca ambrolnya coran beton pada proyek Tol BORR Seksi III A, pekan lalu, kini kembali normal. Lalu lintas sudah dibuka dua jalur.

PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol BORR, meminjam 100 meter lahan tepat di depan Resto Eco Raos, untuk mengurai kemacetan di sepanjang jalan tersebut.

Dirut PT MSJ Hendro Admojo mengatakan, saat ini, lalu lintas tidak buka tutup melainkan menjadi normal.

“Dibuka dua jalur dengan detour atau dibelokkan sepanjang 100 meter di depan Resto Eco Raos hari Minggu (14/7) sekitar pukul 19.30, tujuannya untuk mengurangi kemacetan karena sebelumnya dibuka tutup perlima menit,” ujar Dirut PT MSJ Hendro Admojo kepada Radar Bogor, Senin (15/7/2019).

Selain itu, sambung dia, dibukanya dua jalur itu juga untuk memberi kelancaran karena Senin (15/7) adalah awal pelajaran baru sekolah.

“Kami perkirakan lalu lintas lebih meningkat dari biasanya di hari pertama sekolah,” tuturnya.

Saat ini pihaknya masih fokus melakukan pemotongan Pierhead 109 yang lokasinya berada di depan Perumahan Taman Sari Persada Kecamatan Tanah Sareal.

Karena ditargetkan pembersihan lokasi kejadian akan selesai pada Kamis (18/7/2019).

“Jalan kita buka dua jalur seperti saat ini sampai Kamis malam, Jumat (19/7) insyaallah sudah normal,” tutur dia.

Mengenai hasil investigasi yang dilakukan oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), Hendro mengaku belum mendapatkannya. Sebab dari rapat yang dilakukan pada Senin (15/7) di Kantor Kementerian PUPR, masih ada hal yang perlu dilengkapi.

“Hasilnya besok (red, hari ini) karena ada yang perlu dilengkapi dulu yaitu gambar teknis detail dari PT PP, jadi besok tidak rapat lagi, langsung keluar rekomendasi,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Teofilio Patrocinio Freitas menambahkan, anggotanya yang semula bertugas membantu kelancaran lalu lintas di lokasi kejadian telah kembali ke tugas awalnya. Namun, akan tetap dilalukan pemantauan.

“Tugas anggota di Traffic Llight (TL) Lotte Mart dan TL Semplak, antisipasi kemeriahan, kalau di lokasi karena sudah dua arah hanya sekali-kali kita pantau,” pungkasnya. (gal/c)