25 radar bogor

Kembangkan Desa Wisasa, BUMDes Pasir Eurih Bakal Dibentuk

Sejumlah penari menunjukkan atraksinya di Desa Wisata Kampung Budaya, Ciapus, Bogor. Wisata edukasi kini menjadi daya tarik tersendiri bagi pedesaan.

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Eurih bakal segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menunjang pengembangan desa wisata.

Pjs Kepala Desa Pasir Eurih, Oba mengatakan, melalui program Desa Wisata dalam pengembangan wisata desa, pihaknya akan segera bersinergi dengan melakukan pembentukan BUMDes. “Pasir Eurih ini banyak peniggalan yang perlu dilestarikan dan nantinya harus diketahui generasi mendatang,” katanya, kemarin (17/7).

Ia mengatakan, pengelolaan wisata tersebut akan menjadi agenda BUMDes yang disenergikan dengan Desa Wisata Pasir Eurih. “Pengelolaannya akan meliputi Pariwisata, Olahraga dan nanti Desa Wisata juga punya peranan,” ungkapnya.

Berkaitan dengan pengembangan home stay bagi wisatawan, Lanjut Oba, pihaknya juga akan segera berkoordinasi lebih lanjut bersama Desa Wisata Pasir Eurih.

Saat ini, lanjut Oba, untuk home stay atau rumah singgah sementara itu akan memfungsikan pemukiman yang sudah ada, salah satunya Kampung Budaya Pasir Eurih. “Dengan adanya pengembangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup maupun perekonomian masyarakat, “ucapnya.

Terkait dengan pengembangan home industri, Oba tidak menampik, usaha tersebut merupakan penunjang pariwisata Pasir Eurih yang sedang mengalami kembang kempis.

Ia menyebutkan, bahwa para pengrajin yang ada saat ini juga sudah banyak yang beralih profesi. “Pasir Eurih ini pusatnya sepatu dan sandal. Tapi mati suri, terkadang ada besoknya menghilang. Nantinya akan kita fasilitasi lagi dengan BUMDes,” pungkasnya (drk/c)