25 radar bogor

Drama 8 Gol di Pakansari Cibinong, Tira Persikabo Sukses Tumbangkan Persija

Pemain Persikabo melakukan selebrasi. Ist

CIBINONG-RADAR BOGOR, Tira Persikabo mengokohkan posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 setelah sukses menumbangkan Persija Jakarta 5-3.

Dalam pertandingan pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong Kabupaten Bogor, Selasa (16/7/2019) sore, delapan gol tercipta. Meski kebobolan lebih dulu, namun anak-anak asuhan Rahmat Darmawan itu cepat bangkit.

Tira Persikabo yang belum pernah merasakan kekalahan musim ini dikejutkan oleh gol cepat Marko Simic pada menit ke-7. Berawal dari umpan silang Riko Simanjuntak, Simic memenangi duel udara untuk menceploskan si kulit bundar lewat sundulannya. Persija pun unggul 0-1.

Tapi, gol ini langsung diserspon Tira Persikabo dengan sangat cepat. Hanya semenit berselang, kesalahan Ryuji Utomo menghalau bola dimanfaatkan betul oleh Loris Arnaud untuk melepaskan sepakan mendatar ke arah tiang jauh. Skor berubah menjadi 1-1.

Persikabo berbalik unggul pada menit 22. Kerjasama apik Loris Arnaud dan Ciro Alves dituntaskan Osas Marvellous Saha lewat sontekannya di mulut gawang. Tuan rumah berbalik memimpin 2-1.

Laga semakin menarik ketika Persija kembali mampu menyamakan skor. Marko Simic mencetak gol keduanya lewat eksekusi penalti yang bersarang mulus ke gawang Angga Saputra.

Hadiah penalti didapatkan Macan Kemayoran setelah Riko dilanggar dikotak terlarang. 2-2 skor sementara.

Namun dua menit sebelum turun minum, Persikabo kembali unggul. Kali ini lewat sundulan Rifad Marasabessy usai menerima umpan silang Osas Saha. Skor 3-2 untuk Persikabo menutup babak pertama.

Di awal babak kedua, Pelatih Persija, Julio Banuelos memainkan Fitra Ridwan dan Heri Susanto. Namun Fitra Ridwan hanya sembilan menit di lapangan sebelum digantikan Bambang Pamungkas.

Persikabo menggandakan keunggulan pada menit 58 lewat penalti Ciro Alves. Tuan rumah mendapat hadiah penalti karena pelanggaran pemain belakang Persija terhadap Osas Saha. Skor menjadi 4-2.

Tim asuhan Rahmad Darmawan bahkan mampu menambah keunggulan pada menit 64. Kali ini Ciro memberikan umpan manja kepada Osas Saha untuk mengubah skor menjadi 5-2.

Persija hanya mampu menipiskan ketinggalan pada menit 71. Kembali Simic mencetak gol dari titik putih. Kali ini setelah Heri Susanto dilanggar di kotak 16. Eksekusi penalti Simic kembali menjebol gawang Angga. 5-3, Persija masih tertinggal dua gol.

Di sisa waktu yang ada, Persija tak mampu lagi mengejar ketinggalannya dan harus mengakui ketangguhan Persikabo.

Kemenangan ini menegaskan Persikabo di puncak klasemen dengan 19 poin. Mereka menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga 1 musim ini.

Sementara bagi Persija, ini merupakan kekalahan ketiga mereka sepanjang musim ini. Juara bertahan ini pun terpuruk di peringkat 16 atau zona degradasi dengan baru mengemas enam poin.(pin/ps)