25 radar bogor

Berikan Informasi Tentang Kemacetan, BPTJ Pasang Alat Ini di Puncak

BOGOR-RADAR BOGOR, Untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait kemacetan di kawasan Puncak Bogor, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memasang Variable Message Sign (VMS) di Km 10 Exit Tol Cibubur.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan, VMS difungsikan sebagai sistem informasi kepada masyarakat untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak. Sehingga, kata dia, melalui informasi tersebut, masyarakat bisa memilih akses lain ketika ruas jalan di Puncak macet.

“Jika masyarakat dari arah Jakarta menuju Puncak menerima informasi melalui VMS bahwa Puncak terjadi kemacetan, masyarakat bisa keluar melalui pintu tol Cibubur untuk kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur alternatif”,ujar Bambang, Senin (15/7/2019).

Menurutnya, masyarakat bisa memanfaatkan rute alternatif seperti melalui Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cianjur ataupun sebaliknya sebaliknya, untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Puncak Bogor.

“Rute ini memang memerlukan waktu tempuh yang lebih panjang namun lebih efektif,” jelas Bambang.

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan lalu lintas pada ruas jalur alternatif, Bambang menerangkan, rambu penunjuk arah yang terdapat di jalur alternatif juga telah terpasang di beberapa titik.

Bambang mengingatkan bahwa wisatawan yang hendak berlibut ke kawasan Puncak Bogor setiap akhir pekan bisa mengakses jalur alternatif tersebut. “Ini bertujuan untuk menghindari kepadatan atau peningkatan volume arus lalu lintas,” pungkasnya (drk/c)