25 radar bogor

ADD Cair, Desa di Timur Kabupaten Bogor Ramai-ramai Beton Jalan

Warga Desa Gunung Putri ikut turun tangan dalam proses pembetonan jalan yang sering dijadikan jalur alternatif warga itu.

GUNUNGPUTRI-RADAR BOGOR, Kabupaten Bogor nampaknya belakangan sedang menggenjot infrastruktur jalan-jalan yang ada di desa. Berbekal Alokasi Dana Desa (ADD) yang disalurkan oleh pemerintah pusat, setiap pekan selalu ada pembetonan jalan di timur Kabupaten Bogor.

Seperti di Desa Gunungputri misalnya. Desa yang masuk Kecamatan Gunung Putri itu mulai memperbaiki infrastrukturnya yang ada di dua titik, tepatnya di RT02/04 dan RT04/01 sepanjang 100 meter, dengan lebar jalan 2,5 meter dan tinggi 0,07 meter. “Sudah cair pekan lalu,” kata Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Gunungputri, Fadliansyah.

Fadli mengatakan, perlu mengeluarkan dana sekitar Rp29.034.360 untuk dua titik itu. Menurutnya, pembetonan jalan di dua jalan itu sifatnya memang sangat mendesak, lantaran keduanya merupakan jalur alternatif warga Kampung Bojong, Desa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri.

Fadli mengakui, sebelumnya kondisi kedua jalan itu sangat parah, karena hanya dilapisi bebatuan. Fadli memperkirakan, jalan yang sudah dibetonisasi tersebut akan siap setelah 12hari dari pertama pengerjaan.

Sementara, Sekretaris Desa Gunungputri, Aep Saefuloh mengaku sedikit lebih lega. Dia bersyukur karena sebentar lagi warganya memiliki infrastruktur yang layak. “Sekarang warga bisa santai menggunakan jalan itu,” ungkap Aep.

Terpisah, Pemdes Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, melalui Dana Desa tahap 1 melakukan pembetonan di Kampung Margaluyu Rt 004/004 Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur, dengan volume panjang 600 meter, lebar 2,5 meter, ketebalan 10 sentimeter, dengan anggaran Rp217.856.000.

Menurut Ketua TPK, Epul mengatakan, pelaksanaan pembangunan sudah dimulai pada Senin (15/7). Epul menjelaskan, pengerjaan jalan dilaksanakan bersama warga dan dikerjakan sampai malam hari dengan harapan segera selesai sehingga dapat digunakan oleh warga.

“Terimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan melalui dana desa kepada desa kami,” ungkap Epul.

Sementara itu Endro Hermanto, Kepala Desa Sukawangi mengapresiasi sikap warga yang sudah bekerja keras untuk pembangunan infrastuktur jalan, sehingga bisa terlaksana dengan baik bahkan dalam pelaksanaannya tidak ada hambatan.

“Harapan saya pembangunan infrastuktur yang sudah dilaksanakan mudah-mudahan dapat di manfaatkan oleh warga.” tuturnya.(cr1/ipe/c)