25 radar bogor

Warga Bogor Barat Digegerkan Kemunculan Buaya di Kali Cibanten

Buaya yang sering muncul di Kali Cibanteng, Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Istimewa

BOGOR-RADAR BOGOR, Kemunculan buaya di daerah Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, membuat masyarakat sekitar geger. Buaya ini suka berjemur di bebatuan atau pinggir Kali Cibanten.

Salah seorang warga Loji, Daup mengatakan, kemunculan buaya di daerahnya merupakan yang kedua kali. “Kalau yang pertama terlihat pada Mei 2019, saat itu, warga tengah mencuci sepeda motor. Dan yang kedua terlihat kemarin,” ujarnya seperti dikutif dari pojokbogor, Senin (15/07/2019).

Daup mengungkapkan, buaya tersebut berasal dari aliran Kali Cibanten. Keduanya kerap terlihat berjemur di atas bebatuan atau di tepian kali. “Kalau di semak-semak biasanya jam 9 sampai 10,” ucapnya.

Warga menduga hewan tersebut bersembunyi di gorong-gorong ruas Jalan Dongseng, Loji. Lantaran buaya itu kerap masuk ke gorong-gorong.“Beberapa kali saya buka bak kontrol gorong-gorong selalu lihat buaya, tapi buayanya langsung lari,” katanya.

Daup menambahkan di kali tersebut ada tiga buaya namun baru ketangkap satu dengan ukurannya sekitar 40 cm , 300 meter dari titik lokasi buaya itu terlihat. “Sedangkan dua lagi masih keliaran,” tambahnya.

Terpisah, Ketua RT 001/RW 001, Suwandi khawatir bila buaya tersebut masuk ke rumah warga dan melukai penghuninya. “Takutnya buaya tumbuh sampai besar, dan bisa memangsa manusia,” pungkasnya.(adi/ps/pin)