25 radar bogor

Gelar Pelatihan di KKI, BI Ajak UMKM Aktif di Pasar Online,

Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan penyedia platform digital mendukung kesiapan UMKM Binaan dan Mitra BI untuk memasarkan produk secara online. (dok JawaPos)
Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan penyedia platform digital mendukung kesiapan UMKM Binaan dan Mitra BI untuk memasarkan produk secara online. (dok JawaPos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Untuk melebarkan usahanya, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus mulai menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Salah satunya melakukan penyesuaian pada platform digital.

Karena itu, Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan penyedia platform digital mendukung kesiapan UMKM Binaan dan Mitra BI untuk memasarkan produk secara online.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Pungky Wibowo mengatakan, UMKM On Boarding merupakan proses penyesuaian pelaku UMKM untuk masuk sebagai penjual di pasar online. Selain itu, program tersebut merupakan sarana pelaku UMKM untuk menyesuaikan diri dengan mekanisme yang berlaku di lingkungan marketplace tempat UMKM berbisnis.

“Bank Indonesia memfasilitasi pelatihan dan pendampingan untuk UMKM Binaan dan Mitra BI agar dapat on-boarding pada marketplace atau menggunakan media sosial dalam strategi pemasarannya,” kata Pungky dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 di JCC, Jakarta, Minggu (14/7) dikutip dari jawapos.com.

Melalui teknologi digital, imbuh Pungky, UMKM diharapkan mampu memperluas akses pemasarannya, bahkan hingga ke mancanegara. Dalam rangkaian Karya Kreatif Indonesia 2019, BI juga memfasilitasi business matching atau temu bisnis antara UMKM dengan pemain platform digital. (JPG/magang-damar)