25 radar bogor

Baranangsiang Ditetapkan Sebagai Stasiun Akhir LRT di Kota Bogor

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim.
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota Bogor melalui Bappeda dan Dishub bersama Kementerian Perhubungan, serta Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ), akhirnya sepakat menjadikan Terminal Baranangsiang, sebagai stasiun akhir Lintas Rel Terpadu (LRT) di Kota Bogor.

Kesepakatan itu diambil setelah tim melakukan peninjauan lapangan ke wilayah yang akan dilintasi LRT. Meski sebelumnya Tanah Baru juga sempat mengemuka sebagai batas akhir stasiun LRT Kota Bogor.

“Peninjauan ini hanya memastikan kalau LRT jadi dilelang atau dilakukan lanjutan trade kedua dari Cibubur-Cimanggis ke Bogor,” kata Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim kepada pojokbogor (Radar Bogor Group) saat peninjauan di Kawasan Kampung Sawah, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Senin (15/07/2019).

“Kita harus tahu dulu dimana kira-kira posisi stasiun akhirnya. Karena dengan begitu kita bisa merencanakan hal-hal lain,” katanya lagi.

Oleh karena itu, lanjut Dedie, meminta kepada BPTJ karena berkaitan dengan rencana keseluruhan sistem transportasi Jabodetabek untuk bisa memberikan masukan ke pemerintah pusat.

Untuk segera memberikan gambaran secara utuh tentang rencana tersebut. “Ada dua titik. Satu titik kampung Selawi dan di Kampung Sawah,” jelasnya.

“Karena informasinya kemungkinan depo di Selawi atau lintasan/statsiun transit atau park dan ride juga di sini sebelum berakhir di Terminal Baranangsiang.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang P, mengungkapkan rencana induk transportasi Jabodetabek telah dimulai sejak tahun 2018 hingga berlaku 2029, dengan kesepakatan 3 provinsi dan 8 bupati serta walikota.

Di dalam rencana induk itu diantaranya akan membangun angkutan massal. Kenapa? karena supaya orang bergeser dari angkutan umum ke angkutan massal.

“Nah hari ini, kami hadir bersama-sama dengan pak wakil walikota melihat ke lapangan bagaimana rencana pengembangan angkutan massal kita,” katanya.

LRT yang berhenti di Cibubur akan dilanjutkan sampai Bogor. “Ujungnya dimana? Ini kita tinjau hari ini. Di dalam master plan, kami akan membangun TOD di Baranangsiang. Saya lihat LRT, ujungnya harus ada di Baranangsiang,” pungkasnya.(pin/adi/ps)