25 radar bogor

Beri Ucapan Selamat, DPD RI Sowan ke Ma’ruf Amin

Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam dan rombongan sowan ke kediaman Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin, di bilangan Menteng, Jakarta, Rabu (10/7). (dok. DPD RI)
Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam dan rombongan sowan ke kediaman Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin, di bilangan Menteng, Jakarta, Rabu (10/7). (dok. DPD RI)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Akhmad Muqowam sowan ke kediaman Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin, di bilangan Menteng, Jakarta, Rabu (10/7). Rombongan turut bersama Muqowam di antaranya Ali Masykur Musa, Ahmad Bagja, Mashuri Malik, dan jajaran pengurus PB IKA PMII.

Kedatangan mereka guna menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden RI 2019-2024. Tak lupa, mereka mendoakan agar Ma’ruf Amin selalu sukses dalam mengemban tugas.

“Kami menghaturkan selamat atas amanah yang diberikan rakyat untuk mendampingi Presiden Joko Widodo yang tentu saja tugas mulia ini tidaklah ringan, kami mendoakan semoga sukses mengemban amanah,” kata Muqowam melalui keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Rabu (10/7) dikutip dari jawapos.com.

Dalam kesempatan tersebut, Muqowam yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB IKA PMII menyampaikan, dukungannya sejak pencalonan Ma’ruf Amin hingga terpilih. Muqowam berkomitmen terus memberikan sumbangsih demi tujuan nasional sesuai UUD 1945 yaitu bangsa Indonesia yang berdaulat dalam berbagai bidang, masyarakat adil makmur, dan sejahtera.

“Namun dalam proses politik yang panjang, ada hal positif namun bisa jadi ada hal negatif yang harus diselesaikan dalam proses berbangsa dan bernegara. Maka hal tersebut akan menjadi perhatian seluruh jajaran IKA PMII serta masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Muqowam mencermati sejumlah fenomena yang mengiringi proses politik pada 2019 ini. Di antaranya adanya kompetisi ideologi yang hampir melupakan nilai luhur ideologi bangsa yaitu Pancasila, adanya penguatan politik identitas, tensi politik yang cenderung emosional dan irrasional, serta polarisasi sosial.

Muqowam mengatakan, fenomena ini bisa menjadi ancaman dan tantangan bangsa Indonesia. “Kami merasa ditantang untuk menjawab persoalan tersebut, maka IKA PMII harus hadir dengan gagasan dan strategi serta mengimplementasikannya sebagai kontribusi IKA PMII kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” jelas Muqowam.

Sementara itu, Ma’ruf Amin mengapresiasi kedatangan para tokoh nasional tersebut. Ia juga mengharapkan sumbangan pemikiran untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional ke depan.

“Saya harap IKA PMII bisa membantu mewujudkan harapan bersama dalam kehidupan bernegara dan bisa menjadi perekat kembali semangat rasa kebangsaan komponen bangsa,” katanya.

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin juga meminta PB IKA PMII untuk responsif terhadap berbagai persoalan bangsa. (JPG/magang-damar)