25 radar bogor

UEFA Mau ‘Lindungi’ Tim yang Lolos Perempat Final Liga Champions

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin
Presiden UEFA, Aleksander Ceferin

JAKARTA-RADAR BOGOR, Federasi sepakbola Eropa, UEFA tengah mempertimbangkan sejumlah regulasi baru untuk meningkatkan kualitas kompetisi antar klub di Benua Biru itu.

Di antaranya, ada keistimewaan bagi tim yang lolos ke perempat final Liga Champions. Selain itu, mencuat juga wacana mengubah format penyisihan grup.

Dalam usulan baru ini, tim yang lolos ke babak 8 besar otomatis berlaga di fase grup pada musim berikutnya.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengatakan usulan ini muncul karena berkaca pada sejumlah kasus. Seperti Ajax yang jadi semifinalis musim lalu, belum pasti lolos dari babak kualifikasi musim ini.

“Kami ingin melindungi tim seperti Ajax tahun ini atau Monaco dan Leicester City sebelumnya,” kata Ceferin dikutip Pojoksatu.id dari Daily Mail.

“Ajax bermain semi-final tahun ini dan sekarang mereka harus menjual sejumlah pemain mereka karena mereka tidak yakin apakah mereka akan lolos ke Liga Champions tahun depan.”

“Saya tidak berpikir kita harus melindungi terlalu banyak klub, karena terlalu dekat, tapi saya pikir kita harus melindungi beberapa klub,” lanjutnya.

“Satu gagasan adalah bahwa klub-klub yang berhasil pada tahap kompetisi tertentu dapat bersaing di tahun berikutnya juga.”

Ceferin memastikan ide yang masih sebatas wacana itu akan dibahas lebih lanjut dengan klub dan pihak terkait.

“Tapi itu hanya diskusi. Kami akan mengadakan pertemuan pada 11 September untuk membahasnya dengan liga dan klub,” tuturnya.

Selain soal jaminan bago perempat finalis Liga Champions, Ceferin juga mengaku ada diskusi mengenai format penyisihan grup. Selama ini delapan grup dengan setiap grup dihuni empat klub, akan diubah menjadi empat grup dengan setiap grup diisi delapan klub.

“Kami juga berencana memperluas kompetisi menjadi 40 atau 48 kontestan di penyisihan grup,” lanjutnya.

UEFA juga sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk pertandingan ‘Champions of Champions’ antara juara Piala Eropa dan Copa America. (pojoksatu/magang-ulfah)