25 radar bogor

Krisis Air Bersih di Bogor Barat Meluas, Warga Butuh Sumur Artesis

Warga Kampung Kompa terpaksa mengantre demi mendapatkan air bersih bantuan dari BPBD, kemarin
Warga Kampung Kompa terpaksa mengantre demi mendapatkan air bersih bantuan dari BPBD, kemarin.

TENJO-RADAR BOGOR, Air bersih di Kabupaten Bogor makin langka. Hingga kini warga di Kampung Kompa, Desa Ciomas kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Meminimalisasi masalah tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor kembali memberikan bantuan air bersih.

Sejak pagi, warga rela antre untuk mendapatkan air. Sekretaris Camat Tenjo, Toto Supriadi menjelaskan, sebelum ke Desa Ciomas dan BPBD memberikan bantuan air ke Desa Tapos. “Yang diberikan bantuan air bersih di RT 01 dan RT 02/03 kampung Kompa, karena malam ini pun BPBD masih berada di lokasi untuk memantau kondisi air di wilayah Tenjo,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Ia meminta, bantuan BPBD untuk membangun sumur artesis di dua desa tersebut.

“Kita juga memerintahkan pemerintahan desa untuk mengalokasikan dana membangun titik penampungan air dan sumur. Sebab, kalau tidak hujan sebulan saja maka dua desa tersebut pasti kesulitan air bersih,” katanya.

Sementara itu, Kasi Staklim BMKG Bogor Hadi Saputra mengaku, musim kemarau akan terjadi sampai bulan November dan wilayah Bogor Barat sudah ada dua Kecamatan yang terdampak Ciampea dan Tenjo.

“Untuk Tenjo memang permintaan air sangat tinggi makanya ketika kemarau pasti banyak rumah yang mengalami kekeringan. Selain itu, puncak kemarau akan terjadi di bulan Agustus,” pungkasnya. (nal)