25 radar bogor

Lionel Scaloni Diberi Kesempatan Empat Laga Lagi

MASIH AMAN: Pelatih Argentina Lionel Scaloni (kanan) berbincang dengan pelatih Brasil, Tite setelah semifinal Copa America 2019 di Mineirao Stadium, Belo Horizonte (3/7). (PAULO FONSECA/EPA-EFE )
MASIH AMAN: Pelatih Argentina Lionel Scaloni (kanan) berbincang dengan pelatih Brasil, Tite setelah semifinal Copa America 2019 di Mineirao Stadium, Belo Horizonte (3/7). (PAULO FONSECA/EPA-EFE )

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kontrak kerja Lionel Scaloni bersama timnas Argentina terus berlanjut. Meski mengalami kekalahan 0-2 atas Brasil pada semifinal Copa America 2019 (3/7), Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) masih memberikan kesempatan untuk pelatih 41 tahun itu.

Menurut televisi Argentina, TyC Sports, Scaloni mendapat penilaian positif dari AFA atas kinerjanya pada Copa America 2019. Meski mengawali turnamen dengan kekalahan akibat kalah 0-2 oleh Kolombia (16/6), namun perjalanan Lionel Messi dkk terus melaju sampai empat besar.

“Scaloni dipercaya AFA sampai akhir tahun ini. Untuk sementara, tercatat masih ada empat laga ke depan selepas Copa America 2019,” tulis TyC Sports. “Setelah itu, baru diputuskan apakah tetap bersama Scaloni atau mencari pelatih lain,” tambah TyC Sports.

Keempat laga tersebut akan menjadi materi evaluasi bagi posisi Scaloni. Argentina sendiri akan menghadapi Cile (6/9), Meksiko (11/9), Jerman (10/10), dan Brasil (14/11). Pertandingan-pertandingan itu statusnya adalah uji coba internasional.

Nah, usai kekalahan melawan Brasil, Scaloni mengatakan bahwa masa depannya tergantung sepenuhnya kepada AFA. Sebab kontraknya adalah mendampingi Argentina hingga berakhirnya Copa America 2019.

“Saya tak khawatir soal masa depan saya, bahkan masalah (pengakhiran kontrak kerja) itu berada paling akhir dalam pikiran saya. Saya rasa pertanyaan soal masa depan saya tak pas jika dijawab setelah kekalahan ini,” kata Scaloni.

Di sisi lain, mantan bek Lazio dan Atalanta tersebut mendapatkan dukungan besar dari para pemainnya. Scaloni juga mendapat respek di ruang ganti karena melindungi pemain. Salah satunya memuji Lionel Messi sebagai pemain paling berpengaruh meski kontribusi golnya pada Copa America 2019 sangat minim. Yakni satu gol.

Sementara itu, bukan hanya Scaloni yang aman dari ancaman pemecatan usai timnya mengalami kekalahan pada ajang Copa America 2019 ini. Nama-nama seperti Oscar Washington Tabarez (Uruguay) dan Carlos Queiroz (Kolombia) masih tetap bertahan pada posisinya. (JPG/magang-ulfah)