25 radar bogor

Tutup Jalur Peredaran Narkoba, Periksa Warga dan Anjal di Pasar Leuwiliang

Pemeriksaan kesehatan bagi warga dan anjal di sekitar Pasar Leuwiliang.

LEUWILIANG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kecamatan Leuwiliang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga dan anak jalanan (Anjal) disekitar Pasar Leuwiliang.

Hal ini untuk meminimalisir peredaran narkoba di wilayah tersebut. Sebab, wilayah Bogor Barat menjadi titik perlintasan penyebaran barang haram tersebut.

Camat Leuwiliang Chairuka Judhyanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memperkecil ruang gerak peredaran narkoba di wilayahnya termasuk kegiatan maksiat. Dalam kegiatan itu, pihaknya menggandeng Muspika serta BNNK Kabupaten Bogor.

“Yang kita periksa anak jalanan, pedagang pasar, dan warga sekitar sebagai sampel. Karena, yang bersentuhan dengan dunia malam pastinya bisa terindikasi mengkonsumsi miras maupun narkoba,” ucapnya ketika dikonfirmasi Radar Bogor.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini bakal dilakukan terus menerus sebagai upaya pencegahan.

“Tak hanya dijalan, kami juga langsung ke rumah warga. Agar lebih terorganisir dan warga yang diperiksa tak bisa menolak, ini sifatnya wajib,” tambahnya.

Terpisah, Staf Rehabilitasi BNNK Kabupaten Bogor Ridwan menjelaskan, kegiatan ini salah satu program dari deputi bidang rehabilitasi BNN pusat untuk melakukan penyuluhan ke tempat komunitas yang terindikasi penyalahgunaan narkoba.

“Bogor raya masuk zona merah dan biasanya penggunanya masih usia produktif. Makanya kami sengaja pilih Leuwiliang karena lokasinya berada di pelintasan arah Banten yang sering dilakukan penyebaran Narkoba,” jelasnya.

Ridwan juga mengatakan, penyebaran narkob biasanya yang bersinggungan dengan jalanan, dunia malam.

“Peredaran Sabu di Bogor masih tinggi, dan wilayah yang kerap dilalui seperti Leuwiliang, Parung, ini daerah perbatasan jalur yang cukup strategis bagi pelaku,” pungkasnya. (nal/c)