25 radar bogor

Timbulkan Bau Tak Sedap, Warga Tamansari Terpaksa Hancurkan TPS

DIKELUHKAN: Warga terpaksa membongkar TPS yang sudah lama tak dikelola lantaran menimbulkan bau tak sedap.

TAMANSARI-RADAR BOGOR,Warga Kampung Tamansari RW 06, Desa Tamansari mengeluhkan keberadaan sampah yang dibuang di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) di wilayahnya. Musababnya, TPS tersebut sudah lama tak ada yang mengelola sehingga tumpukan sampah kini menimbulkan bau tak sedap.

Untuk itu warga terpaksa menghancurkan TPS tersebut agar tak ada lagi warga yang membuang sampah ke tempat tersebut. “Kita bongkar saja daripada menimbulkan polusi dan penyakit, karena ini sangat menganggu,” ucapnya.

Lanjut dia, rencananya untuk TPS yang sudah dihancurkan tersebut, akan dikelola bersama warga dan disulap untuk penghijauan. “Lebih baik penghijauan dari pada menganggu lingkungan sekita,” keluhnya.

Berkaitan dengan sampah yang menumpuk, lanjut Asep, sampah yang dibuang berasal dari berbagai Rw di Kampung Tamansari. Kata dia, untuk warga Rw 06 justru tidak membuang sampah pada TPS tersebut. “Warga Rw 06 justru membakar sampah di halaman dekat rumahnya. Kalau sampah yang bisa busuk ada yang di buang dan ada yang dijadikan kompos,” tuturnya.

Ia berharap, terkait dengan permasalahan sampah, Pemerintah Desa (Pemdes) bisa memfasilitasi struktur yang jelas berkaitan dengan kepengurusan maupun pengangkutan sampah secara berkala.

“Kita harap TPS ada pengurusnya, karena selama ini TPS tidak ada pengangkutan. Kalau ada organisasi resminya kan enak, jadi minta iuran tiap bulan juga enak,” pungkasnya (drk/c)