25 radar bogor

Hipmi Siap Dongkrak Jumlah Pengusaha Baru di Indonesia

Ilustrasi pengusaha UKM, berkembangnya dunia usaha akan menyumbangkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan stabil (Dok.Radar Surabaya/JPG)
Ilustrasi pengusaha UKM, berkembangnya dunia usaha akan menyumbangkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan stabil (Dok.Radar Surabaya/JPG)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketangguhan perekonomian sebuah negara salah satu indikatornya bisa dilihat dari rasio jumlah pengusaha dengan jumlah penduduknya. Rata-rata negara maju yang memiliki ekonomi stabil, memiliki rasio 14 persen, atau 14 persen jumlah penduduk di negara tersebut adalah pengusaha. Sementara Indonesia rasio jumlah pengusaha masih rendah, meski dari tahun ke tahun jumlahnya menunjukan tren kenaikan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wirausaha di Indonesia naik dari 1,56 persen pada tahun 2014, menjadi 3,1 persen dari jumlah penduduk pada akhir tahun 2016. Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan menekankan bahwa Indonesia harus mampu menembus 14 persen rasio jumlah pengusaha dan berharap semua pihak bisa berkolaborasi agar jumlah ideal pengusaha ini bisa tercapai.

Menanggapi tekad pemerintah pusat, calon ketua umum badan pengurus pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Mardani H. Maming mengatakan jika terpilih menjadi ketum BPP HIPMI akan berusaha keras meningkatkan jumlah pengusaha Indonesia dan melahirkan konglomerat baru dari HIPMI.

“Pengusaha di Indonesia setiap tahun memang mengalami peningkatan, tapi banyak juga yang tidak bisa bertahan di dalam dunia usaha. Di sinilah pentingnya para pengusaha muda yang baru memulai usaha ini harus dirangkul dan dibimbing agar bisa bertahan dan tidak mudah menyerah,” ucap Mardani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (27/6).

Mardani bertekad menjadikan Hipmi mampu mengambil peran secara aktif untuk mendorong jumlah pengusaha di tanah air bisa terkerek naik. “Hipmi bukan hanya sekadar wadah bagi pengusaha di Indonesia, tapi kita persiapkan gerenasi yang baru untuk menjadi pengusaha dan terus meningkatkan kualitas pengusaha Indonesia. Kita bertekad konglomerat-konglomerat baru bisa lahir kembali dari Hipmi,” kata Mardani.

Mardani juga mengajak caon-calon pengusaha untuk melirik sektor industri ekonomi Kreatif. Ia menyebut ekonomi kreatif kini mampu menjadi industri penting untuk menopang perekonomian bangsa perlu diberikan insentif.

“Jika ekonomi kreatif ini kita fokuskan, kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia juga bisa meningkat, sehingga dapat menciptakan produk lokal berkualitas yang berdaya saing tinggi,” kata Mardani.

Wakil Bendahara Umum BPP Hipmi ini juga mengatakan dengan ekonomi kreatif banyak sekali dampak yang akan tercipta yaitu membuka lapangan pekerjaan baru dan menekan angka pengangguran. “Selain membuka lapangan pekerjaan, industri ini menciptakan pola pikir pengusaha menjadi kreatif. Ke depan, kita akan terus lahirkan dan maju bersama para pelaku ekonomi kreatif di Hipmi,” tegas Mardani. (JPG/magang-ulfah)