25 radar bogor

Anggaran Cair, Warga Kampung Lembah Dulur Caringin Segera Direlokasi

Relokasi Kampung Leuwi Sapi Caringin
Suasana Kampung Leuwi Sapi Rt 7/5, Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin yang rawan longsor.

CARINGIN-RADAR BOGOR, Pemerintah Desa (Pemdes) Lemah Duhur, memastikan anggaran relokasi bagi puluhan warga penerima bantuan yang tinggal di Kampung Leuwisapi RT 7/5, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor akan segera dikucurkan.

Seperti diketahui, pengelontoran anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor sempat terhambat lantaran pemerintah menunggu SK kelompok masyarakat (Pokmas) dan rencana anggaran biaya (RAB).

Kepala Desa Lemah Duhur, Ujang Najmudin mengatakan, sudah ada pertemuan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, terkait dengan pembahasan penyerahan bantuan bagi para calon penerima.

“Saya sudah ke BPBD untuk membahas perihal bantuan yang akan diserahkan, termasuk SK Pokmas maupun RAB-nya,” tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan segera mengeluarkan SK Pokmas bagi calon penerima yang akan diklasifikasikan menjadi tiga kelompok. Lanjut Ujang, Pokmas yang terdiri dari para calon penerima tersebut, rencananya akan dibentuk pekan depan.

“Minggu depan kami akan berkumpul dengan BPD, LPM RT/RW. Pertemuan tersebut juga akan langsung membentuk kelompok untuk para calon penerima bantuan,” bebernya.

Ujang menerangkan, Pokmas tersebut berfungsi untuk penyaluran bantuan. Karena, bantuan tersebut nantinya akan diserahkan kedalam rekening para calon penerima.

“Warga nanti membuka rekening bersadarkan Pokmas. Pemdes harus memfasilitasi pengelompokan itu dulu,” terangnya.

Ia memastikan anggaran bantuan tersebut akan segera dikucurkan tahun ini, ketika pembentukan kelompok sudah dilakukan. “Kelompok sudah terbentuk, langsung dikelola sesudahnya,” katanya.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Bogor siap mengucurkan bantuan sosial berupa anggaran relokasi bagi puluhan calon penerima yang tinggal di Kampung Leuwisapi RT 7/5, Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin. Namun, BPBD masih menunggu kelengkapan administrasi di tingkat masyarakat terkait dengan RAB.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Dede Armansyah mengatakan, alokasi bantuan sosial dalam rangka relokasi korban bencana tersebut akan disalurkan kepada 63 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di lokasi rawan bencana. Setiap satu KK, kata dia, akan mendapatkan dana bantuan senilai Rp50 juta.(drk/c)

Data dan Fakta Relokasi Kampung Leuwisapi

– Pemkab Bogor bakal merelokasi 63 KK lantaran tinggal di perkampungan rawan longsor tersebut

– Setiap KK menerima bantuan Rp50 juta

– Saat ini tinggal menunggu tahap pencairan