25 radar bogor

Geber Pekerjaan, Proyek Pelebaran Jalur Puncak Ditergetkan Tuntas Akhir Tahun

Satu unit alat berat masih terlihat beroperasi mengerjakan pelebaran dan pembuatan pedestrian di Jalur Puncak.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah paket pekerjaan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jalan Nasional Puncak Bogor, dipastikan tuntas akhir tahun ini.

Kepala Balai Besar Pengelolaan Jalan (BBPJN) Wilayah VI, Hari Suko Setiono menjelaskan, ada dua paket pekerjaan pelebaran jalan yang saat ini sedang berjalan.

Diantarannya, pelebaran Jalan Raya Puncak dan Betonisasi Jalan Raya Nasional Ciawi-Cigombong. “Hanya dua paket itu saja,” kata dia.

Hari mengatakan, pihaknya optimis pada akhir tahun, pekerjaan kedua paket tersebut tuntas.

“Pemberhentian pekerjaan (saat mudik lebaran, red) tidak menganggu target waktu pekerjaan yang diberikan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pengamat Transportasi, Budi Arif mengatakan, pelebaran jalan dirasa tidak sepenuhnya dapat mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Puncak Bogor.

Karena, lanjut dia, kemacetan dan kepadatan masih terus menghantui pengendara karena jumlah volume kendaraan terus meningkat ke kawasan Puncak Bogor.

“Pemerintah seharusnya bisa menekan angka kendaraan pribadi digantikan dengan angkutan massal. Jadi misalkan pendatang dari Cawang, Jakarta kereta api MRT masuk ke Ciawi dan disana ada moda transportasi umum yang ke area-area pusat wisata,” (drk/c)