25 radar bogor

DPR Desak Pemekaran DOB Bogor Timur Segera Dikebut

Israel
Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon mengecam keras rangkaian kekerasan yang dilakukan Israel akhir-akhir ini.

GUNUNGPUTRI-RADAR BOGOR, Pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Bogor Timur yang sempat terhambat oleh penolakan satu desa, diminta untuk segera dikebut. Hal itu dipertegas oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.

Dia mengatakan, pemekaran Bogor Barat (Bobar) dan Bogor Timur (Botim) dari Kabupaten Bogor merupakan aspirasi yang masuk akal. Sebab, Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang cukup besar dengan jumlah penduduk hampir enam juta jiwa.

“Saya kira ke depan harus kita dorong, saya termasuk orang yang mendukung terjadi pemekaran baik di Barat maupun di Timur ya untuk mempercepat kemajuan di masyarakat,” kata Fadli.

Ia mengaku yakin pihak DPR bakal mendukung pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut. Tetapi, pembentukan DOB di dua wilayah tetap tergantung pemerintah pusat.

”Saya kira dua-duanya laik ya, memang Bogor Barat sudah melalui suatu proses lebih lama, bahkan sudah disetujui selain di DPRD, DPRD Provinsi juga sudah lewat, dan waktu itu juga nyaris pada 2014, DOB juga hampir diketuk (disahkan), tetapi kan pemerintah yang tidak siap,” katanya.

Terlebih, ia menjelaskan bahwa Jawa Barat merupakan wilayah yang penduduknya cukup besar di Indonesia. Namun, Jawa Barat memiliki kabupaten dan kota lebih sedikit dibanding Jawa Tengah dan Jawa Timur.

”Ini menurut saya sangat merugikan Jabar, karena pendapatan APBD-nya jadi tidak terbagi,” ungkapnya.(cr1/a)