25 radar bogor

Libatkan Tiga Desa, Camat Klapanunggal : TPPAS Nambo Harus Buat MoU

Kawasan TPPAS Nambo
Kawasan TPPAS Nambo

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo tak hanya melibatkan satu desa saja nantinya. Tiga desa di Kecamatan Klapanunggal diprediksi akan bersinggungan langsung.

Karena itu, Camat Klapanunggal, Ade Yana Mulyana meminta adanya nota kesepahaman dengan desa-desa yang terlibat.

Menurut Ade, pembangunan TPPAS Nambo tidak hanya melibatkan Desa Nambo melainkan juga desa lainnya seperti Lulut, Bantarjati dan Leuwikaret di Kecamatan Klapanunggal.

“Bahkan ada beberapa desa yang dilintasi yaitu Gunungputri. Kami berharap ada satu MoU dengan desa yang terlibat agar pengangkutan sampah yang dibawa ke Nambo itu lancar,” kata Ade Yana.

Kompensasi kepada desa-desa yang terlibat, menurutnya, akan mempermudah pemerintah menggunakan TPPAS Nambo. Apalagi, tempat pembuangan ini akan digunakan oleh empat daerah, yakni Kabupaten/Kota Bogor, Depok dan Tangerang Selatan.

“Harus ada kerjasama dengan desa dan masyarakat sekitar. Dan ini sudah saya sampaikan ke DLH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk disampaikan ke Pemprov Jawa Barat,” ungkap dia.

Camat menilai hal tersebut akan menjadi bom waktu apabila tidak segera dilaksanakan. Apalagi target operasi TPPAS Nambo diharapkan pada tahun 2020 mendatang.

“Jadi MoU dengan desa dan masyarakat ini harus sudah selesai sebelum, (Nambo) beroperasi. Jangan sampai jadi bom waktu nantinya,” sahutnya. (dka/c)