25 radar bogor

Dua Kilometer Rusak Parah, Tahun Ini Jalan Raya Manunggal Tenjo Dicor

Salah satu titik kerusakan di Jalan Raya Manunggal, Tenjo.
Salah satu titik kerusakan di Jalan Raya Manunggal, Tenjo.

TENJO-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal memperbaiki jalan rusak di Jalan Raya Manunggal, Desa Babakan, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.

Rencananya program perbaikan jalan dua kilometer tersebut masuk tahun ini dengan cara dicor.

Pantauan Radar Bogor, kondisi jalan sebagian besar kondisinya berlubang dan bergelombang, banyak pengendara roda dua terlihat kesulitan saat melalui jalan tersebut.

“Total panjang Jalan Raya Manunggal kurang lebih empat kilometer tapi yang akan dibangun hanya dua kilometer, karena tingkat kerusakannya sudah parah sekitar 70 persen, kalau hujan sering tergenang air,” ujar Camat Tenjo Asnan kepada Radar Bogor, kemarin.

Menurutnya status jalan tersebut milik Kabupaten Bogor, sehingga nanti yang bakal melakukan perbaikan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor dengan menggunakan anggaran APBD.

“Tahun ini akan ada perbaikan dengan sistem dicor, karena kalau dihotmix khawatir akan amblas lagi,” katanya.

Hal senada dikatan salah warga Babakan, Desa Babakan Saepudin (29). Ia mengaku kondisi jalan yang sudah rusak parah bisa menghambat aksesibilitas kendaraan. Karena, jalan ini akses utama menuju ke Kecamatan Parungpanjang.

“Kedalaman lubang tidak seimbang dengan tinggi mobil jenis mini bus, sehingga tak jarang kendaraan terperosok, mudah-mudahan segera diperbaiki,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Kepala TU UPT, Jasinga Muhamad Rohmat mengatakan jalan tersebut akan ada peningkatan tahun ini dan sudah masuk waktu Musrenbang Kecamatan Tenjo.

“Jalan Manunggul itu yang tadinya dihotmix sekarang akan ada peningkatan, jadi nanti perbaikannya dengan pengecoran,” tutupnya.(nal/c)