25 radar bogor

45 Guru SMP Ikut Workshop Komik Strip, Inovasi Belajar Matematika

Sebanyak 45 guru SMP mengikuti kegiatan workshop komik strip matematika berbasis android di SMPN 1 Ciawi, Kecamatan Ciawi, Selasa (25/6/2019).

CIAWI-RADAR BOGOR, Sebanyak 45 guru Sekolah Menengah Pratama (SMP) yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Komisariat Cisarua dan wilayah Bogor Selatan, mengikuti kegiatan workshop komik strip matematika berbasis android di SMPN 1 Ciawi, Kecamatan Ciawi, Selasa (25/6/2019).

Kegiatan tersebut di usung Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI Jakarta. Ketua Tim Pelaksana Abdi Masyarakat Unindra PGRI Jakarta, Yogi Wiratomo mengatakan, kegiatan yang mengusung tema pengembangan ‘MathToon’ tersebut merupakan langkah awal memperkenalkan inovasi belajar mengajar antara guru dan murid berbasis teknologi.

“Kegiatan awal dilakukan pada 24 April 2019, itu pengembangan komik strip matematika dengan model ADDIE. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 24 hingga 26 dengan pelatihan pembuatan story board/story line, teknik corel draw dan pengenalan aplikasi sketchware,” terangnya.

Ia mengatakan, pengenalan komik strip sebagai metode pembelajaran ini dirasa dapat mempermudah guru dalam kegiatan belajar mengajar pada murid kelas VII.

“Bukan hanya gurunya nanti yang inovatif melainkan murid juga nanti diajak untuk membuat sebuah cerita matematika berdasarkan realita kehidupannya. Kemudian, cerita tersebut dituangkan dalam komik strip sebagai metode pembelajaran matematika,” tuturnya.

Terkait dengan penggunaan aplikasi skecthware, kata Yogi, dipastikan pihak sekolah atau guru yang telah mengikuti workshop tersebut sudah bisa membuat aplikasi skechware secara mandiri.

Akan tetapi, Tim Unindra juga masih terus melakukan pemantauan untuk memastikan eksistensi program yang telah disosialisasikan.

“Tim Unindra pastinya dua bulan kedepan akan melakukan monitoring ke MGMP karena itu sudah kewajiban Unindra untuk memastikan apakah program tersebut berjalan,” katanya.

Yogi berharap, mengingat pelajaran matematika selalu dikategorikan sebagai mata pelajaran yang membosankan kedepan bisa lebih menyenangkan.(drk/c)