25 radar bogor

Susul Gerai di Sentul, Supermarket Giant Mau Tutup 6 Gerai Lain di Daerah Ini

Ilustrasi Supermarket Giant

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kabar mengejutkan kembali datang dari Supermarket Giant.

Setelah heboh rencana Giant Sentul akan ditutup, kali ini jaringan bisnis atau anak usaha dari PT Hero Supermarket Tbk (HERO) itu, dikabarkan menutup beberapa gerai lainnya.

Dari kabar yang beredar sejak beberapa hari lalu, ada 6 geraisupermarket Giant yang dikabarkan tutup pada 28 Juli 2019. Sebelum tutup, Giant memberikan diskon ke masyarakat dari 5 hingga 50%.

Keenam gerai itu yakni, Giant Ekspres Cinere Mall, Giant Ekspres Mampang, Giant Ekspres Pondok Timur, Giant Ekstra Jatimakmur, Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur dan Giant Ekstra Wisma Asri.

detikFinance pun mengecek kebenaran kabar tersebut dengan mengunjungi Giant di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (23/6/2019). Benar saja, sesampainya di lokasi, langsung tampak spanduk dengan beberapa tulisan.

Adapun tulisan dalam spanduk itu yakni, ‘Kami Tutup Hanya di Toko Ini’, Diskon Semua Harga’, ‘Semua Harus Terjual Habis’.

Giant di kawasan Jakarta Selatan ini pun tampak cukup ramai. Entah karena diskon atau bukan, yang pasti antrean di kasir cukup panjang saat waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB.

Saat dikonfirmasi, salah seorang petugas membenarkan kabar tersebut. Petugas yang enggan disebut namanya ini menyatakan, beberapa toko Giant akan tutup pada 28 Juli 2019.

“Iya, semua diskon sampai tanggal 28. Mau tutup,” katanya di sela-sela kesibukannya.

detikFinance berusaha mengonfirmasi pihak manajemen terkait kabar ini.

Pihak manajemen yakni External Communication Manager Hero Supermarket Fia Arwinta belum memberikan respon yang cukup jelas.

Fia hanya meminta agar mengirimkan pertanyaan lewat surat elektronik.

Sebelumnya, Gerai Giant di kawasan Sentul juga dikabakarkan akan segera tutup.

Wakil Ketua dan Sekretaris Wilayah Serikat Pekerja Hero Supermarket (SPHS) DPW v Bogor, Risman Tobing, menjelaskan, Giant Sentul menjadi salah satu dari 26 toko yang akan ditutup dan berubah menjadi IKEA.

“Ada arahnya kesana (Giant Sentul ditutup;red). Betul ingin berubah menjadi IKEA,” kata Risman.

IKEA sendiri, sambung Risman, masih anak cabang dari PT Hero Supermarket Tbk.

Jadi, sambung Risman, seluruh karyawan Giant Sentul akan dipindahkan menjadi karyawan IKEA.

“Itu pun bagi yang berminat, artinya tidak ada pemutusan hubungan kerja,” katanya. Risman melanjutkan, saat ini setidaknya ada 100 an karyawan Giant Sentul.

Saat ditanya soal berubahnya Giant Sentul menjadi IKEA, Risman enggan menjawab, saat ini pihaknya mengaku hanya fokus ke anggota SPHS agar tidak di PHK.

“Berubahnya Giant Sentul menjadi IKEA direncanakan sehabis Idul Fitri dan akan menjadi IKEA yang ke – 3,” katanya. (dtk/ysp/dka/wil)